Stasiun MRT Tidak Sediakan Tempat Sampah, Ini Maksudnya

TrubusNews
Thomas Aquinus
31 Mar 2019   23:00 WIB

Komentar
Stasiun MRT Tidak Sediakan Tempat Sampah, Ini Maksudnya

Stasiun MRT (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- PT Moda Raya Terpadu ( MRT) menyampaikan bahwa pihaknya sengaja tidak menyediakan tempat sampah di dalam stasiun MRT. Tempat sampah hanya tersedia di toilet sekitar stasiun.

Division Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengungkpakan, hal tersebut dilakukan sebab MRT ingin mengubah gaya hidup masyarakat supaya tidak membawa makanan atau minuman yang bisa menjadi sampah di dalam stasiun.

"Di stasiun MRT itu tidak banyak tempat sampah karena kami ingin warga itu lifestyle-nya ketika masuk MRT tidak bawa sampah begitu," kata Kamaluddin di Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Kompascom, Minggu (31/3).

Baca Lainnya : Dampak National Sword, Indonesia Bakal Kebanjiran Sampah Plastik Impor

"Jadi, untuk naik MRT jangan makan dan minum di dalam stasiun, jangan makan minum di dalam kereta," tambahnya.

Selain itu, Kamaluddin menyampaikan, tidak adanya tempat sampah di stasiun MRT untuk mengedukasi masyarakat agar menjaga kebersihan di dalam stasiun MRT.

"Kalau nanti ada tempat sampah, nanti ada dorongan untuk minum di dalam kereta MRT itu begitu ya. Jadi lebih baik disimpan dulu minumannya, MRT kan dingin di dalamnya, Bunderan HI-Lebak Bulus 30 menit kan masih dingin di dalamnya sampai ujungnya (stasiun terakhir)," kata Kamaluddin.

Sementara itu, Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, sependapat dengan cara PT MRT yang tidak menyediakan tempat sampah di dalam stasiun untuk menekan masyarakat membuang sampah.

Baca Lainnya : TPST Piyungan Kembali Dibuka, Sampah dari Sleman dan Bantul Antre Pertama

Menurutnya, cara itu dapat menutup ruang bagi masyarakat untuk berperilaku buruk, salah satunya soal kebiasaan tidak menjaga kebersihan di tempat umum.

"Perilaku juga begitu, kalau ada yang tidak berkenan, tidak benar itu langsung diperbaiki. Setelah itu, jadi tidak ada lagi ruang orang untuk berperilaku buruk, dia nampak akan dihukum sendiri. Ini saatnya Indonesia memulai suatu perubahan yang drastis dan luar biasa," kata Hamdi.

Selain itu, PT MRT sebenarnya juga sudah melarang penumpang makan dan minum di stasiun ataupun di kereta MRT, kecuali di gerai ritel yang tersedia. 

Baca Lainnya : Yogyakarta Darurat Sampah, Ini 5 Rekomendasi Ombudsman

Kamaluddin mengungkapkan, penumpang yang kedapatan makan atau minum di dalam kereta ataupun area peron MRT akan langsung dipersilakan keluar atau diusir.

"Untuk nanti, kalau jelas kelihatan makan, kami persilakan untuk keluar dari kereta. Kami persilakan keluar dari stasiun," ujar Kamaluddin, beberapa waktu lalu seperti dilansir Kompascom[NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: