Buang Biji Buah Sembarangan Bantu Penghijauan Ternyata Cara Salah

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
31 Mar 2019   18:00

Komentar
Buang Biji Buah Sembarangan Bantu Penghijauan Ternyata Cara Salah

Biji buah semangka (Foto : Pixabay/PDPics)

Trubus.id -- Jika Trubus Mania berpikir sehabis makan buah lalu bijinya dibuang sembarangan akan membantu penghijauan, maka pemikiran tersebut dipastikan salah kaprah.

Hal tersebut merujuk pada fenomena dalam beberapa waktu lalu, muncul pesan berantai dari grup WhatsApp tentang kampanye penyelamatan lingkungan di Thailand.

Pesan tersebut mengajak kita semua untuk tidak membuang biji buah langsung ke tempat sampah, tetapi mencuci dan mengeringkannya (di bawah sinar matahari), lalu membungkus dan menyimpannya di dalam koran.

Setiap kali kita menemukan lahan kosong terbuka baik di jalan desa atau pinggir jalan raya, kita bisa membuang biji-bijian tersebut. Berdasarkan informasi dari pesan tersebut, hal ini akan membuat biji berkecambah dengan mudah saat musim hujan yang akan datang.

Menanggapi viralnya kabar tersebut di sosial media, Ahli Buah Tropis sekaligus Ketua Tim Staf Ahli di Taman Buah Mekarsari Cileungsi, Reza Tirtawinata mengungkapkan bahwa kabar tersebut tidak tepat. "Ide tersebut bagus namun dipastikan sia-sia.

Baca Lainnya : Pemuda Sumur Bangkit, Penghijauan di Lokasi Tsunami Selat Sunda Dimulai

Menurutnya jika ingin membantu penghijauan, kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengumpulkan biji dan mencucinya.

"Tetapi mengeringkannya di bawah sinar matahari, tidak tepat karena biji-bijian buah tropis cepat kehilangan daya tumbuhnya bila kadar airnya susut," ujarnya seperti dikutip dari Tabloidsinartani.

Lalu, membungkusnya dalam koran dan menyimpan biji dalam mobil justru membuatnya lebih kering.

"Bisa-bisa keburu mati sebelum ditanam. Apalagi jalan-jalan keluar kota yang biasanya dilakukan di akhir pekan," ujarnya.

Apalagi menemukan tanah kosong terbuka, tidak segampang itu di Pulau Jawa. "Jangan-jangan kebun/pekarangan orang yang kita lempari biji. Lebih kacau lagi kalau dibuang di pinggir jalan tol," kata Reza.

Baca Lainnya : Gelorakan Penghijauan Kota, Toko Trubus Buka Cabang Ke-20 di Palembang

Reza menjelaskan jika biji tersebut tumbuh, maka jarak tanamnya berantakan dan tumpang tindih tidak karuan.

"Padahal, biji buah ini akan menjadi pohon kayu besar," ujarnya.

Lalu, penghijauan seperti apa yang  dapat dilakukan masyarakat dengan biji buah? Reza menyarankan bukan dengan membuang biji buah sembarangan. Tetapi mencari lahan kosong yang kritis seperti bukit yang gundul atau bantaran sungai. Lalu biji buah ditanam dan diatur jarak tanamnya.

"Kalau tujuannya menghasilkan buah, maka buah yang dihasilkan dari tanaman asal biji, tidak jelas kualitasnya karena merupakan hasil perkawinan silang di alam yang tidak jelas indukannya," ujar Reza.

Diakuinya memang tidak semua orang awam mengerti proses dan pelaksanaan buang biji seperti ini. Karenanya, kita harus berhati-hati mengadaptasi anjuran sekalipun berasal dari negara yang sudah maju seperti Thailand. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 31 Mar 2019 - 21:52

bo kelinci99 menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: