Disparekraf NTT Gencar Pertahankan Manggarai Barat Sebagai Habitat Asli Komodo

TrubusNews
Thomas Aquinus
31 Mar 2019   16:00 WIB

Komentar
Disparekraf NTT Gencar Pertahankan Manggarai Barat Sebagai Habitat Asli Komodo

Komodo (Foto : Pixabay/DaFranzos)

Trubus.id -- Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Beny Wahon mengungkapkan, pemerintah hingga saat ini terus berupaya maksimal mempertahankan Manggarai Barat sebagai satu-satunya habitat komodo di dunia.

"Kasus perdagangan komodo ini memang bisa mengganggu, tetapi pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk tetap mempertahankan Manggarai Barat, sebagai satu-satunya habitat biawak komodo di dunia," ujar Beny Wahon seperti dikutip Antaranews, Minggu (31/3). 

Pihaknya gencar mempertahankan habitat asli komodo karena berkaitan dengan adanya kemungkinan muncul habitat baru komodo di luar Manggarai Barat.

Baca Lainnya : Bayi Komodo Diperjualbelikan di Pasar Gelap, Pengawasan TNK Diperketat

Dijelaskan Beny, langkah-langkah yang perlu diambil yaitu dari aspek pengelolaan, dimana perlu adanya kolaborasi yang sinergis antara Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Sinergi ini harus dilakukan terutama dalam konteks pengawasan terhadap lingkungan di sekitar kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), agar kasus pencurian komodo tidak terulang lagi.

Langkah lainnya adalah meningkatkan promosi yang lebih intens terkait keunikan Komodo sebaga binatang purba yang punya habitat khusus di Pulau Komodo dan bukan di wilayah lainnya di dunia.

Baca Lainnya : Polda Jatim Amankan Komodo Hingga Kasuari dari Tangan 8 Pedagang Satwa Langka

Selain itu, dalam melakukan promosi, perlu dikemas secara profesional tentang komodo, yakni para pengunjung bukan hanya sekedar datang untuk melihat fisik komodo tapi memahami bagamana kehidupan komodo sebagai binatang purba dengan segala aktifitas hidupnya.

"Jadi pengunjung yang datang mendapat suguhan yang utuh tentang komodo dan tentunya para pengunjung bisa memperoleh kepuasan tersendiri," ujarnya.

Upaya ini perlu dilakukan guna menjadikan pulau-pulau di ujung barat Pulau Flores sebagai satu-satunya habitat biawak raksasa komodo dan tetap menarik. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: