Terkontaminasi Bakteri Listeria, Alpukat California Ditarik dari Peredaran

TrubusNews
Syahroni
30 Mar 2019   16:00 WIB

Komentar
Terkontaminasi Bakteri Listeria, Alpukat California Ditarik dari Peredaran

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Positif mengandung bakteri Listeria monocytogenes, alpukat California yang diedarkan diberbagai penjuru Amerika Serikat akhirnya ditarik dari peredaran. Sesuai hasl pemeriksaan tes lingkungan yang menunjukan bahwa alpukat tersebut mengandung bakteri, distributor alpukat tersebut, Henry Avocado Corporation langsung bergerak mengambil tindakan.

"Henry Avocado mengeluarkan penarikan sukarela karena hasil tes positif pada sampel lingkungan yang diambil selama inspeksi rutin pemerintah di fasilitas pengemasan California," tulis pernyataan perusahaan itu, dikutip dari CNN. 

Pun demikian, hingga saat ini belum ada laporan jatuhnya korban akibat bakteri jahat di alpukat tersebut. Pihak perusahaan maupun dinas kesehatan di Amerika juga belum menerima laporan orang yang terjangkit penyakit ini.

Baca Lainnya : Mengandung Listeria, Indonesia Cegat Melon Australia

Sementara itu, perusahaan pendistribuusi menyebut, produk yang ditarik dari pasaran meliputi buah alpukat konvensional dan organik California. Buah yang dikemas dan distribusikan Henry Avocado Corporation di California tersebut disebar ke berbagai wilayah di 6 negara bagian di AS seperti Arizona, California, Florida, New Hampshire, Carolina Utara, dan Wisconsin. 

Henry Avocado juga meminta konsumen yang sudah membeli alpukat itu untuk membuang atau mengembalikan produk itu ke tempat mereka membelinya.

Baca Lainnya : Meski Diklaim Bebas Listeria, Permintaan Melon Australia Turun Hingga 90 Persen

Patut diketahui, bakteri Listeria dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Bakteri ini dapat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, kelahiran prematur, atau infeksi yang mengancam jiwa baru lahir.

Selain ibu hamil, bakteri ini juga rentan pada orang tua dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Penyakit listeriosis ditandai dengan gejala seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, leher kaku, kebingungan, dan kehilangan keseimbangan. Orang yang terinfeksi juga dapat mengalami diare dan gejala gastrointestinal lainnya, serta kejang-kejang. Namun penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan: