Gunung Popocatepetl Kembali Bergejolak, Warga Meksiko Siaga Evakuasi

TrubusNews
Syahroni
30 Mar 2019   14:00 WIB

Komentar
Gunung Popocatepetl Kembali Bergejolak, Warga Meksiko Siaga Evakuasi

Erupsi gunung Popocateptl di Meksiko, (Foto : BBC)

Trubus.id -- Warga Meksiko, khususnya yang berada di sekitar Gunung Popocatepetl kini tengah resah. Bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat mereka juga terpaksa angkat kaki dari rumah mereka. Yah, kondisi ini terjadi karena meningkatnya aktivitas vulkanik gunung tersebut.

Saat ini, Meksiko dalam keadaan siaga setelah Gunung Popocatepetl mulai memuntahkan abu dan bebatuan panas, yang mengancam ibu kota. Dilansir dari Sky News, Jumat (29/3) kemarin, Pusat Nasional Pencegahan Bencana telah memperingatkan penduduk untuk menjauh dari gunung Popocatepetl dekat Mexico City. 

Popocatepetl masuk kategori gunung berapi kerucut atau stratovolkano, dengan tinggi 5.450 meter dan telah menjadi sangat aktif dalam beberapa bulan terakhir. Laporan RTE News menyebutkan, gunung juga mulai mengeluarkan fenomena kembang api alami terdiri dari kilatan cahaya, yang diikuti oleh pijar keluar dari kawah dan menuruni lereng gunung. 

Menurut otoritas perlindungan sipil Meksiko, sepanjang 24 jam, terdapat 200 letusan kecil terjadi di gunung tersebut. Otoritas kini mengeluarkan peringatan kuning level tiga. Level itu menunjukkan kemungkinan keluarnya magma dan ledakan dengan intensitas yang meningkat. Peringatan tersebut juga hanya satu tingkat di bawah level merah yang akan memicu persiapan evakuasi. 

"Kami melihat perubahan aktivitas dan sebagai tindakan pencegahan, kami telah mengambil keputusan untuk memperbarui tingkat siaga," kata David Leon, Kepala Badan Perlindungan Sipil.

Sekitar 25 juta orang tinggal dalam jarak sekitar 97 km dari kawah gunung tersebut. Beberapa desa mengelilingi gunung tersebut, sementara letusan besar dapat memiliki efek yang menghancurkan sejauh Puebla dan Mexico City. Sebuah letusan besar Popocatepetl pernah terjadi pada tahun 2000, dengan hampir 50.000 penduduk di tiga negara bagian menyelamatkan diri. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Kasus Kematian Akibat Covid-19 Naik Jadi 2.858 Jiwa

Peristiwa   28 Feb 2020 - 12:04 WIB
Bagikan: