Pemerintah Vietnam Gagalkan Penyelundupan 9 Ton Gading Gajah

TrubusNews
Syahroni
29 Mar 2019   23:00 WIB

Komentar
Pemerintah Vietnam Gagalkan Penyelundupan 9 Ton Gading Gajah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gading gajah merupakan salah satu komoditas yang paling diincar di pasar gelap internasional. Karena itu, perburuan liar gajah untuk diambil gadingnya masih marak terjadi di berbagai belahan dunia. Pun demikian, perang terhadap peredaran gading gajah juga terus dilakukan.

Belum lama ini, pengungkapan sindikat penyelundupan gading gajah juga diungkap di Vietnam. Otoritas pemerintah setempat berhasil mengamankan 9 ton paket gading gajah ilegal yang berasal dari Kongo.

Baca Lainnya : Gading Gajah Senilai Rp 6,2 Miliar Berhasil Diamankan di Bangkok

Dalam aksinya, para pelaku menyelundupkan gading gajah ilegal itu melalui pengiriman kayu. Pengungkapan di pusat kota Danang ini sendiri merupakan yang terbesar yang pernah diungkap pemerintah Vietnam dalam beberapa tahun terakhir. 

"Paket barang seberat 9,1 ton yang diduga gading ilegal telah ditemukan tersembunyi dalam batang kayu dan telah disita," tulis situs berita Hai Quan, yang menjadi media resmi Bea Cukai Vietnam, Jumat (29/3).

Paket gading gajah itu ditemukan petugas di antara tumpukan kayu di sebuah kapal yang berasal dari Republik Kongo, Afrika Tengah, yang berlabung di pelabuhan utama Danang, pada Selasa (26/3) lalu.

"Pihak berwenang masih memeriksa sebelum dapat membuat kesimpulan terkait isi paket tersebut," kata seorang pejabat bea cukai kepada AFP.

Baca Lainnya : Petugas Gagalkan Penyelundupan 7,2 Ton Gading Gajah

Gading masih banyak dicari untuk digunakan sebagai perhiasan, membuat perabot rumah tangga, hingga obat-obatan tradisional di Vietnam, yang dikenal sebagai pusat transit populer untuk pengiriman produk satwa liar ilegal untuk pasar Asia, terutama China. Pemerintah Vietnam telah berjuang untuk memberantas perdagangan produk satwa liar ilegal, termasuk gading. Namun penjualannya kini semakin sulit dilacak karena telah beralih dari pasar tradisional ke situs online.

Sama dengan Indonesia, jual beli gading gajah juga merupakan tindakan ilegal di Vietnam. Namun demikian, lemahnya penegakan hukum telah memungkinkan para pedagang menyelundupkannya untuk dijual di pasar gelap. Pemerintah Vietnam telah bersumpah untuk menindak perdagangan ilegal satwa liar dalam menghadapi tekanan dunia internasional yang kian meningkat. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan: