Jawa Barat jadi Pilot Project Teknologi Pengolahan Sampah Menjadi Solar

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
29 Mar 2019   19:30

Komentar
Jawa Barat jadi Pilot Project Teknologi Pengolahan Sampah Menjadi Solar

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Guna mengurangi volume sampah plastik di Jawa Barat (Jabar), sebuah perusahaan asal Inggris yang berfokus pada pembentukan energi berkelanjutan, Plastic Energy memberi dana hibah pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar senilai total Rp2.8 triliun untuk menerapkan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi solar.

Dana tersebut untuk studi kelayakan yang akan dilakukan pada Agustus 2019 sampai Maret 2020. Dengan begitu penerapan teknologi pengolahan sampah plastik ini akan dimulai pada Maret 2020.

Baca Lainnya : Dampak National Sword, Indonesia Bakal Kebanjiran Sampah Plastik Impor

Rencananya, pengolahan sampah model ini akan diterapkan di enam kota Jawa Barat. Penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan Kirk Evan mewakili Plastic Energy, di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Kamis (28/3) kemarin.

Enam kota dipilih karena memiliki produksi dan konsumsi plastik yang cukup tinggi. Enam kota itu yakni Kota Bandung, Bogor, Bekasi, Depok, Cirebon, dan Kota Tasikmalaya.

"Sudah disepakati teknologi pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar solar ini akan diterapkan di Jabar. Kota Bandung, Bogor, Bekasi, Depok, Cirebon dan Tasikmalaya yang produksi sampah rutinnya sangat banyak dan konsumsi plastiknya tinggi," jelasnya.

Terkait upaya ini, Krik Evan menjelaskan, dari 1 kilogram sampah plastik yang diolah akan menghasilkan 0,8 liter solar. Sampah plastik yang diolah adalah sampah plastik rumah tangga dan makanan. Sementara, area untuk pengolahan ini membutuhkan luas 1 hektare.

Baca Lainnya : Studi Terbaru Ungkap Cara Praktis Daur Ulang Sampah Plastik Kemasan

"Sampah plastik rumah tangga dan bungkus makanan, itu yang kita olah," ucapnya.

Krik menjelaskan, Jawa Barat dipilih karena menurutnya Gubernur Ridwan Kamil memiliki komitmen yang kuat memerangi sampah plastik. Ia pun menambahkan, setelah upaya ini berhasil diterapkan di Jawa Barat, pihaknya akan mengembangkannya ke provinsi lain.

"Kita pilih Jabar karena Pak Ridwan sudah berkomitmen kepada saya untuk pengolahan sampah plastik dan ada satu potensi agar bisa menjadi contoh untuk provinsi lain di Indonesia," tutur Evan. [RN]

  2


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 29 Mar 2019 - 19:49

hanya di WWWoAREATOTOoPRO Minimal Depo 20rb Dan WD 50rb BBM : areatoto

Cindy Tanaka 29 Mar 2019 - 19:49

hanya di WWWoAREATOTOoPRO Minimal Depo 20rb Dan WD 50rb BBM : areatoto

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: