Kementan Kucurkan Rp4,9 Miliar Dorong Kesejahteraan Petani Pangandaran

TrubusNews
Binsar Marulitua
29 Mar 2019   10:30 WIB

Komentar
Kementan Kucurkan Rp4,9 Miliar Dorong Kesejahteraan Petani Pangandaran

Kepala Badan  Pengembangan Penyuluhan dan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Momon Rusmono (Foto : Binsar Marulitua/Trubus.id)

Trubus.id -- Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani secara merata terus dilakukan dengan ragam cara. Dana sebesar total Rp4,9 miliar dialirkan dalam rangka Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Kabupaten Pangandaran pada Jumat, (29/3).

Kepala Badan  Pengembangan Penyuluhan dan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Momon Rusmono mewakili Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Pangandaran memiliki potensi yang cukup tinggi di bidang pertanian, hal itu terbukti bahwa Kabupaten Pangandaran surplus beras hampir 21 ribu ton.

"Saya bersyukur, Kabupaten Pangandaran sudah ada tanda-tanda akan menjadi salah satu lumbung pangan yang memberikan kontribusi kepada Provinsi Jawa Barat, tapi juga untuk nasional. Buktinya apa? Kabupaten Pangandaran, info dari Pak Bupati, ternyata surplus beras hampir 21 ribu ton," ujar Momon Rusmono.

Baca Lainnya: Kementan Ajak Petani Berbudidaya Ramah Lingkungan dengan Pestisida Nabati

Dalam pemaparannya, Kabupaten Pangandaran juga mendukung Nawacita, dimana didalamnya terdapat cita-cita mewujudkan kedaulatan pangan serta kesejahteraan petani. 

"Bapak Presiden Republik Indonesia punya mimpi, mimpinya itu namanya Nawacita, salah satu mimpinya ingin mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. Maknanya apa? bahwa kita tidak hanya berorientasi pada mewujudkan kedaulatan pangan saja, tapi tujuan utama pembangunan pertanian adalah bagaimana kita mewujudkan kesejahteraan petani," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Momon Rusmono secara langsung menyerahkan bantuan kepada masyarakat dan petani yang hadir, diantaranya 40 truk benih, termasuk 6000 benih kelapa dan pala, benih padi Inpari, benih cabai, mangga, manggis dan sayur-sayuran. 

Baca Lainnya: Panen Raya 3.300 Hektar, Kementan Kokohkan Temanggung sebagai Pusat Benih Bawang Putih Nasional

Selain itu Kementan juga menyerahkan bantuan domba, ayam usia dua pekan dan alat mesin pertanian.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menuturkan, pihaknya bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian. Dari jumlah total 32 ribu jiwa petani  yang tercatat di Pangandaran, hampir 27 ribu telah mempunyai kartu tani yang sudah bisa terakses.

Ditambaahkaan Bupati Jeje Wiradinata, meski Pangandaran dilanda kekeringan dan sentra produksi sempat kebanjiran  pada tahun 2018,  produksi tani Pangandaran tetap bisa menghasilkan 21 ribu ton.

 "Program bantuan pangan tunai cukup membantu serapan pertanian hingga lebih stabil," jelasnya. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: