63 Hektare Lahan Pertanian Bawang Merah Puso, Petani Bantul Merugi

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Mar 2019   09:28 WIB

Komentar
63 Hektare Lahan Pertanian Bawang Merah Puso, Petani Bantul Merugi

Petani bawang merah (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu, 17 Maret 2019 lalu mengakibatkan puluhan hektare lahan tamanan bawang merah terdampak. Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi mengungkapkan, luas lahan tanaman bawang yang terdampak banjir seluas 63 hektare. 

Dirinya mengakui akibat kondisi ini tanaman bawang merah mengalami puso. Sebab, tanaman bawang baru saja di tanam dan masih berumur dua minggu.

“Lahan pertanian bawang merah seluas 63 hektare puso akibat banjir beberapa waktu lalu. sementara luas lahan padi yang terdampak banjir mencapai tiga hektare,” kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Jumat (29/3), seperti dikutip Antara.

Dilaporkan Pulung, lahan pertanian yang paling parah terdampak banjir Bantul yakni di wilayah Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Meski begitu ia meyakini, kondisi tersebut tak menggangu stok benih tanaman hortikultura pada musim tanam selanjutnya, sebab banjir hanya melanda sebagian kecil dari total luas lahan bawang merah yakni seluas 700 hektare di Kabupaten Bantul. 

Pulung mengugkapkan, tiga kecamatan yang memproduksi bawang merah paling besar adalah Kecamatan Kretek, Srandakan, dan Sanden.

Terlebih, Kabupaten Bantul dikenal sebagai wilayah yang mampu memproduksi benih bawang merah. Bahkan diakui Pulung, produksi bawang merah di Kabupaten Bantul, setiap tahunnya mencukupi kebutuhan pasar di wilayah tersebut.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: