Mentan Ingin Kabupaten Kuningan jadi Penghasil Durian Ekspor Terbaik

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
28 Mar 2019   23:33

Komentar
Mentan Ingin Kabupaten Kuningan jadi Penghasil Durian Ekspor Terbaik

Menteri pertanian, Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan pertanian di Kuningan, Kamis (28/3). (Foto : Trubus.id/ Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan pertanian dan peternakan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan  total mencapai Rp20 miliar. Dengan gelontoran dana tersebut, sektor holtikultura menjadi fokus pengembangan untuk mendongkrak ekspor. 

"Kami melihat potensi holtikultura khususnya durian punya potensi yang besar untuk dikembangkan,  bahkan punya slogan 'kaduhgede' yang berarti durian besar. Kami Insya Allah mendorong bantuan durian ke sini (Kuningan), nantinya ekspor durian terbaik bisa berasal dari sini," jelas Menteri Amran di Desa Kadupanda, Kabupaten Kuningan, Kamis (28/3).

Mentan Amran menjelaskan, selain mendorong peningkatan durian, bantuan holtikultura lainnya yang diberikan adalah bibit kopi. Ia menerangkan bibit kopi bantuan yang diberikan untuk petani Kuningan, nantinya bisa memproduksi kopi tiga kali lipat dari biasanya. 

Baca Lainnya : Mentan Amran Iba Hati dan Bagikan Perontok Padi kepada Wanita Ibu Tani Berusia Senja

Ditambahkan Amran, bantuan lainnya adalah pohon kelapa dengan potensi produksi dua kali lipat. Saat ini, produksi kelapa Indonesia terbaik dan terbesar dunia dengan jumlah ekspor sebanyak 1,8 juta ton setiap tahun.

"Kebetulan ke depan pak bupati akan melakukan hilirisasi termasuk serabut kelapa, ada yang tahu pengembangannya termasuk sabuknya.  Kita dorong holtikultura karena agroclimatenya cocok di sini (Kabupaten Kuningan)," tutupnya.  

Baca Lainnya : Entaskan Kemiskinan di Kuningan, Mentan Amran Gelontorkan Rp 20 Miliar Bantuan Pertanian

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama mengapresiasi pemerintahan Jokowi-JK melalui Kementan yang mendukung kemajuan pertanian di Kuningan. Pertemuan apresiasi dan singkronisasi yang digelar hari ini (28/3) di Kuningan, diakui sangat penting dalam membangun sinergi guna percepatan pembangunan pertanian. 

"Tadi Pak Menteri bisikan ke saya akan menambah mesin perontok padi. Saya berharap bimbingan dari pemerintah pusat. Sesuai arahan Presiden Jokowi untuk membangun negara dari pinggiran," ujarnya.

"Jadi kami berkomitmen membangun Kuningan berbasis desa menjadi maju dan makmur melalui sektor pertanian," pungkas Acep. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: