Mentan Amran Iba Hati dan Bagikan Perontok Padi kepada Wanita Ibu Tani Berusia Senja

TrubusNews
Binsar Marulitua
28 Mar 2019   16:30 WIB

Komentar
Mentan Amran Iba Hati dan Bagikan Perontok Padi kepada Wanita Ibu Tani Berusia Senja

Mentan RI, Andi Amran Sulaiman membagikan perontok padi pada wanita ibu tani berusia lanjut di Kuningan, Jawa Barat, Kamis (28/3). (Foto : Trubus.id/ Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Sesaat sebelum melaksanakan kunjungan kerja di Desa Kadupanda, Kabupaten Kuningan, Kamis (28/3), langkah Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman berbelok arah mengunjungi para perempuan buruh perontok tani yang sudah berusia senja.

Rasa iba yang menyentuh hati membuatnya tidak berpikir panjang untuk memberikan mesin "Power Tresher" walaupun tanpa upacara simbolis, syarat dan pengajuan proposal.

"Kami melihat ada yang sudah berusia di atas 60 tahun masih bekerja keras membanting tulang. Orangtua saya juga melakukan hal yang sama saat 20 tahun yang lalu, sehingga langsung kami berikan Power Tresher atau alat perontok padi sebanyak 20 mesin," jelas Menteri Amran di dampingi Bupati Kuningan, Acep Permana. 

Baca Lainnya : Entaskan Kemiskinan di Kuningan, Mentan Amran Gelontorkan Rp 20 Miliar Bantuan Pertanian

Amran tiba dilokasi pada pukul 10:11 WIB. Menteri yang khas dengan pakaian hitam putihnya ini pun langsung mengecek bantuan yang datang. Walaupun sempat beberapa kali 'jeblok' di sawah, Mentan Amran menyempatkan diri berdiskusi sesaat kepada kelompok tani tersebut. Ia pun sangat prihatin ketika mendengar upah merontok padi yang terbilang masih rendah.

"Bapak Ibu aku lahir di kaki gunung seperti ini sama dengan orang Kuningan sini. Ini kami berikan perontok padi tanpa syarat, tidak pakai proposal. Tolong Pak Bupati dan Kepala Dinas hari ini aku berikan masyarakat Kuningan yang tidak memiliki lahan sawah (buruh tani) bantuan 20 unit power tresher," jelas Amran saat pemaparan Sinkronisasi dan Apresiasi Program Kementrian Pertanian 2019.

Baca Lainnya : Salurkan Bantuan Pertanian Rp43 Miliar, Kementan Dorong Kabupaten Subang Jadi Lumbung Pangan Dunia

Lantas Mentan Amran memanggil Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kementan, Maman Suherman yang juga merupakan putra asal Kuningan itu untuk merealisasikan 20 unit mesin perontok padi tersebut.

"Tolong nggak usah ke Jakarta. Bawa segera 20 unit mesin itu untuk ibu-ibu ini. Bapak baru bisa ke Jakarta kalau mesin sudah beres, tiba di sini," tegasnya.

Setelah berbincang, ia pun mengajak ibu-ibu yang rata-rata usia 50 tahunan itu berfoto bersama. "Kita foto bersama. Ini bukti foto serah terima," ujar Amran.

Perlu diketahui, pertemuan apresiasi ini dihadiri lebih dari 12 ribu petani, santri tani, pendamping desa dan penyuluh pertanian. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: