Obat Pertanian Palsu, Batu Sandungan Menggapai Swasembada Pangan

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
28 Mar 2019   08:00

Komentar
Obat Pertanian Palsu, Batu Sandungan Menggapai Swasembada Pangan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Berbagai cara dilakukan pemerintah Indonesia untuk mewujudkan swasembada pangan pada tahun 2045 mendatang. Target menjadi lumbung pangan dunia pun terus dikejar. Namun sayangnya, berbagai kendala masih merintangi.

Dari sekian banyak aral yang melintang, masalah mafia yang bermain di sektor obat pertanian salah satunya. Sebagai contoh, belum lama ini Polres Brebes kembali mengungkap peredaran pupuk dan obat pestisida palsu yang beredar di kalangan petani di wilayah tersebut. Dalam pengungkapan kali ini, polisi berhasil mengamankan 1.031 botol pupuk dan obat pestisida palsu dari 2 tersangka yang mereka amankan.

Brebes sendiri merupakan salah satu wilayah yang memiliki areal pertanian yang sangat luas. Menurut catatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Brebes, luas areal pertanian di wilayah tersebut saat ini sudah mencapai 135.000 hektare. Dari jumlah tersebut, 30.000 hektare ditanami bawang merah. Sementara sisanya adalah areal pertanian padi.

Dengan jumlah areal pertanian seluas itu, wajar saja jika kebutuhan pupuk dan obat pertanian di Brebes cukup tinggi. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan Sunaryo (48) dan Syarifudin (48) untuk meraup keuntungan dengan menjajakan pupuk dan obat palsu yang mereka beli dari seorang suplier di Bandung, Jawa Barat.

Barang-barang tersebut kemudian mereka jual di Brebes dengan selisih harga antara produk yang asli dengan palsu terpaut 20 sampai 30 persen dari harga jual. Harga yang relatif lebih murah inilah yang kemudian menarik minat para petani di Brebes untuk membelinya.

Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Tri Agung Suryomicho sendiri mengatakan, pengungkapan bermula dari laporan para petani yang mengaku produk yang mereka beli tak memberi hasil yang memuaskan. Setelah dilakukan penyelidikan, baru diketahui kalau pupuk dan pestisida yang mereka gunakan ternyata palsu.

Peredaran obat pertanian palsu di Indonesia

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: