Aktivitas Gunung Merapi Menggeliat, Guguran Awan Panas dan Lava Pijar Terus Terjadi

TrubusNews
Astri Sofyanti
26 Mar 2019   14:31 WIB

Komentar
Aktivitas Gunung Merapi Menggeliat, Guguran Awan Panas dan Lava Pijar Terus Terjadi

Gunung Merapi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut, Gunung Merapi mengeluarkan awan panas tiga kali dan semburan lava dua kali dalam periode pengamatan pada Selasa, 26 Maret 2019. Selain itu, aktivitas kegempaan juga cukup tinggi, yakni tercatat 40 kali.

Berdasarkan pengamatan BPPTKG, tidak terlihat adanya asap solfatara. Sementara status Gunung Merapi masih bertahan pada level II (waspada). Status ini ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

Baca Lainnya: BPPTKG Antisipasi Guguran Lava Merapi

“Guguran lava teramati sebanyak dua kali menuju tenggara atau Kali Gendol dengan jarak luncur 350-450 meter. Awan panas guguran teramati sebanyak tiga juga ke arah Kali Gendol dengan jarak luncur 900-1.000 meter atau satu kilometer,” cuit BPPTKG di akun Twitternya @BPPTKG, Selasa (26/3).

Sementara itu, untuk aktivitas kegempaan, PBBTKG mencatat, terdapat 5 kali awan panas guguran, 29 guguran, 3 hembusan, 2 low frekuensi, dan 1 hybrid/fase banyak.

Baca Lainnya: Lahan Pertanian di Jogja Menyusut Karena Banyak Dijadikan Indekos?

Dengan aktivitas vulkanik tersebut, maka warga yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III diminta untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa serta selalu mengikuti informasi aktivitas Merapi oleh petugas.

Selain itu, BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan di radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Selain itu, masyarakat sekitar untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi bahaya abu vulkanik serta banjir lahar dingin.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: