Demam Babi Afrika Landa China, Ilmuwan Berhasil Lumpuhkan Virus Penyebabnya

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
26 Mar 2019   13:00

Komentar
Demam Babi Afrika Landa China, Ilmuwan Berhasil Lumpuhkan Virus Penyebabnya

Babi dalam kandang (Foto : Matthias Zomer)

Wabah virus Demam Babi Afrika melanda China beberapa waktu lalu. Banyak peternakan babi di Negeri Tirai Bambu ini kalang kabut gara-gara virus mematikan ini. Terdapat sekitar 99 peternakan babi di China, dari jumlah ini sekitar 60 atau 70 persen terkena virus Demam Babi Afrika ini. 

Namun kekhawatiran para peternak itu tampaknya segera berakhir. Sebuah lembaga penelitian di provinsi Heilongjiang, Cina Timur Laut mengatakan, para peneliti telah berhasil mengisolasi virus Demam Babi Afrika yang pertama di China. Hal ini dianggap sebagai pembuka jalan untuk mengadakan penelitian dan pengembangan vaksin melawan virus ganas ini. 

Baca Lainnya: Demam Babi Afrika Menyebar di China, Peternak Diimbau Tidak Panik

"Virus mematikan ini bernama Pig / HLJ / 18. Virus ini berhasil diisolasi dari sampel babi yang diambil dari sebuah peternakan di Jiamusi, yang dilanda wabah Demam Babi Afrikaatau  African Swine Fever (ASF) tahun lalu. Hasil penelitian ini menunjukkan, virus itu sangat ganas dan menular di antara babi domestik, "kata Harbin Veterinary Research Institute di Harbin.

Babi yang terinfeksi virus menunjukkan gejala seperti demam dalam tiga hingga empat hari. Tak lama setelah itu, babi mati dalam enam hingga 10 hari. Penelitian ini diterbitkan pada Jumat (22/3) di jurnal internasional Emerging Microbes and Infections.

Baca Lainnya: Tidak Punya Vaksin, Demam Babi Afrika Menyebar ke 70 Persen Peternakan Besar di China

Temuan ini mengingatkan perlunya kontrol dan pencegahan ASF di China, yang merupakan produsen babi yang menyumbang lebih dari 50 persen babi dunia.

Menurut Departemen Pertanian dan Urusan Pedesaan, lebih dari 110 wabah ASF telah terjadi di Cina sejak Agustus lalu, ketika wabah ASF pertama dilaporkan.

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 26 Mar 2019 - 21:15

mau numpang promosi bo kelinci99 untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: