Jokowi Optimis Rumah Tahan Gempa Seperti di Jepang, Cocok untuk Warga Lombok

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Mar 2019   21:00 WIB

Komentar
Jokowi Optimis Rumah Tahan Gempa Seperti di Jepang, Cocok untuk Warga Lombok

Presiden Jokowi tinjau rumah tahan gempa di Lombok, NTB. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hari ini (22/3), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meninjau pembangunan rumah tahan gempa. Ia pun yakin, model rumah tahan gempa yang diadaptasi dari Jepang ini sangat efektif, mengingat Lombok menjadi salah satu wilayah rawan gempa.

"Saya senang warga di sini antusias pakai rumah tahan gempa karena kita sadari betul Lombok daerah yang rawan gempa," terang Jokowi saat bertemu warga terdampak gempa di Gedung Hakka, Lombok Barat, NTB, Jumat (22/3).

Baca Lainnya : Validasi Rumah Rusak Pascabencana Lombok Kembali Dilakukan, Apa Tujuannya?

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga mengungkapkan, bahwa Lombok memiliki keindahan alam dan kesuburan tanah yang istimewa. Tapi di sisi lain juga memiliki ancaman bencana, salah satunya gempa bumi.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat khususnya di Lombok agar memiliki pemahaman tentang kondisi wilayahnya yang rawan gempa dan menyiapkan bangunan rumah yang tahan gempa.

"Kalau nanti rumah tahan gempa selesai, insya Allah kita semua bisa hidup menyatu dengan alam. Karena di Jepang pun rawan gempa tapi mereka bisa hidup berdampingan dengan lingkungan yang mereka miliki," tambahnya.

Baca Lainnya : Warga Terdampak Gempa Lombok Bangun Rumah Berkonstruksi Kayu

Dirinya menilai, pembangunan rumah tahan gempa yang sudah rampung terbukti memberikan rasa aman bagi penghuninya.

Merespon hal tersebut, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan, pemerintah sudah memiliki banyak pengalaman dalam penanganan bencana. Persyaratan membangun rumah yang tahan gempa, kata Zul, merupakan salah satu upaya pemerintah agar masyarakat tidak khawatir dengan model bangunan bantuan rumah yang kembali dibangun.

"Harapannya kalau ada gempa, rumah kita tahan. Alhamdulilah ada pemahaman yang baik dari warga dan prosesnya cepat. Mudah-mudahan kehadiran presiden mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi," jelas Zulkieflimansyah. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

LIPI Dorong Pembentukan Desa E-Commerce

Peristiwa   13 Des 2019 - 15:23 WIB
Bagikan: