Perum Bulog Salurkan 15 Ton CBP untuk Korban Banjir Bandang Sentani

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Mar 2019   20:30 WIB

Komentar
Perum Bulog Salurkan 15 Ton CBP untuk Korban Banjir Bandang Sentani

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) mengirimkan 15 ton Cadangan Beras Pemerintah (CBP) ke korban terdampak bencana banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Kuota CBP tersebut merupakan bagian dari 100 ton CBP yang telah di siapkan untuk Kabupaten Jayapura dalam situasi tanggap darurat.

Merespon hal tersebut, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh mengungkapkan, saat ini Perum Bulog siap menyalurkan kapanpun dan dimanapun untuk menyalurkan stok cadangan. Masing-masing provinsi juga sudah disiapkan 200 ton dan 100 ton untuk setiap kabupaten/kota.

Baca Lainnya : Terus Bertambah, Pengungsi Banjir Bandang Sentani Tercatat 11.156 orang

“Ini untuk memenuhi kebutuhan tanggap darurat seperti bencana alam dan rawan pangan,” demikian disampaikan Tri Wahyudi dalam siaran pers yang diterima Trubus.id di Jakarta, Jumat (22/3).

Pihaknya juga akan memastikan kondisi gudang di daerah Jayapura dan sekitarnya dalam kondisi aman. Pengecekan gudang sudah dilakukan demi memastikan agar beras yang tersimpan tetap aman dari banjir. Jika gudang terkenda banjir, maka Bulog memiliki gudang cadangan untuk memindahkan pasokan cadangan.

Baca Lainnya : Sungai Sentani Meluap lagi, 2.764 KK Masih Terjebak di Pengungsian

Stok beras CBP yang saat ini tersedia di gudang Bulog wilayah Papua dan Papua Barat sekitar 32 ribu ton. Angka itu, diakuinya aman untuk ketahanan stok beberapa bulan kedepan sehingga tidak perlu ada kekhawatiran masyarakat dan pemerintah daerah. Sementara secara nasional, stok beras Bulog saat ini pada posisi lebih dari 1,8 juta ton.

“Beras tersebut siap disalurkan sebagai bantuan bagi masyarakat yang wilayahnya terkena dampak banjir,” urainya. [RN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: