Awas, Gelombang Setinggi 6 Meter Diprediksi Terjang Wilayah Ini

TrubusNews
Binsar Marulitua
21 Mar 2019   15:30 WIB

Komentar
Awas, Gelombang Setinggi 6 Meter Diprediksi Terjang Wilayah Ini

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi pada 21-24 Maret 2019. Gelombang tinggi dengan kisaran 4-6 meter diperkirakan akan terjadi di Samudera Hindia selatan Bali hingga NTT.

Gelombang tinggi ini dipicu Siklon tropis Veronica (976 hPa) di Samudra Hindia selatan NTB dan Siklon Tropis Trevor (991 hPa) di Teluk Carpentaria.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3), kecepatan angin tinggi yang terjadi mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sejumlah wilayah. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan Jawa Timur hingga Sumba, Perairan selatan Kupang-Pulau Rote, Laut Sawu, Laut Timor selatan NTT, Samudera Hindia selatan Jawa Timur hingga NTT.

Selain itu peningkatan tinggi gelombang terjadi di Laut Jawa, Laut Banda bagian selatan, Perairan Kep. Letti hingga Tanimbar, Laut Arafuru, Laut Sulawesi bagian timur, dan Perairan Kep. Sangihe Talaud.

Tinggi gelombang terbagi menjadi tiga, yakni gelombang setinggi 1,25-2,50 meter dengan status waspada, gelombang setinggi 2,50-4,0 meter dengan status berbahaya, hingga gelombang setinggi 4,0-6,0 meter yang statusnya sangat berbahaya. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: