Mentan Lepas Ekspor Komoditas Hortikultura dan Salurkan Bantuan ke Petani Bandung Barat

TrubusNews
Astri Sofyanti
21 Mar 2019   14:41 WIB

Komentar
Mentan Lepas Ekspor Komoditas Hortikultura dan Salurkan Bantuan ke Petani Bandung Barat

Mentan Amran saat memberikan bantuan pertanian di kabupaten Bandung Barat. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan ekspor produk pertanian lokal ke mancanegara. Upaya ini bahkan menjadi program khusus yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dalam negeri.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/3), Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman kembali melepas ekspor cabai dan paprika sebanyak 84 ton ke Singapura.

Selain melepas ekspor, Amran juga kembali membagi-bagikan bantuan berupa benih tanaman berupa jagung manis, kangkung, cabai, durian, jambu kristal, rambutan, benih kopi 200 ribu batang, teh, cengkeh hingga padi inbrida.

Baca Lainnya : Di Cianjur, Kementan Salurkan Beragam Benih Unggul Bersertifikasi

"Hari ini kita lepas ekspor cabai dan paprika ke Singapura sekaligus melepas bantuan benih, hasilnya untuk kita ekspor nantinya. Bantuan ini kita bawa langsung dan langsung diserahkan ke petani," ujarnya.

Selanjutnya, bantuan berupa bibit ayam sebanyak 200 ribu ekor beserta kandang dan pakan selama enam bulan, serta bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) berupa power tresher dan traktor roda dua mencapai 1.000 unit dan hingga bibit kambing.

"Benih kopi sebanyak 200 ribu batang kita bagikan, kita juga membagikan ayam 200 ribu ekor di Kabupaten Bandung Barat. beserta kandang dan pakannya selama enam bulan sampai bertelur. Total bantuan yang diberikan Kementerian Pertanian ke Kabupaten Bandung Barat senilai Rp18,8 miliar," terang Amran saat melakukan kunjungan kerja dan menyerahkan bantuan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (21/3).

Lebih lanjut dirinya berharap dengan bantuan ini masyatakat di Kabupaten Bandung Barat, bisa lebih produktif.

Baca Lainnya : Sejahterakan Petani Cianjur, Kementan Bantu 200 Ribu Benih Kopi dan Alsintan

Lebih jauh Amran mengungkapkan total bantuan-bantuan untuk Provinsi Jawa Barat totalnya Rp30 triliun, sementara dulu tahun 2015 hanya Rp1 triliun dan diangkat menjadi Rp2 triliun. Alat mesin pertanian mencapai 26.185 unit nilainya Rp500 miliar.

Lebih lanjut Amran menuturkan capaian sektor pertanian selama 4,5 pemerintahan Jokowi-JK, total ekspornya naik 29 persen nilainya mencapai Rp1.300 triliun. Kemudian Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari tahun 2014 yang hanya Rp 900 triliun naik menjadi Rp1.462 triliun di tahun 2018 serta kemajuan sektor pertanian Indonesia masuk peringkat 5 dunia dari 224 negara.

"Ini berkat kerja keras petani. Insya Allah ke depannya bantuan kami tambah, ternyata petani memanfaatkan bantuan dengan baik," tandas Amran. [RN]

 

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: