Usai Turunkan Hujan Hujan Abu, Gunung Bromo Keluarkan Suara Gemuruh

TrubusNews
Syahroni
20 Mar 2019   19:00 WIB

Komentar
Usai Turunkan Hujan Hujan Abu, Gunung Bromo Keluarkan Suara Gemuruh

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Aktiivitas vulkanik Gunung Bromo hingga saat ini masih bersifat fluktuatif. Untuk itu, petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus melakukan pemantauan intensif aktivitas gunung berapi berketinggian 2.329 meter dari permukaan laut tersebut.

Hari ini (20/3) pada pukul 06-12.00 WIB, terpantau cuaca cerah, berawan dan mendung di sekitar gunung tersebut. Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, secara visual gunung Bromo terlihat jelas hingga kabut, kemudian asap kawah bertekanan lemah, sedang, hingga kuat teramati berwarna kelabu, coklat, dan hitam dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 600-1200 meter di atas puncak kawah.

Baca Lainnya : Masih Erupsi, Wisatawan Dilarang Dekati Kawah Gunung Bromo Radius 1 Km

Namun demikian, hari ini juga terdengar suara gemuruh dari gunung tersebut.  

"Hujan abu terjadi di Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Bromo dan terdengar suara gemuruh di sekitar kawah Gunung Bromo," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (20/3).

Baca Lainnya : Semburan Abu Vulkanik Gunung Bromo Meningkat, BPBD Bersiap Bagikan Masker

Sementara itu, gempa tremor menerus terekam dengan amplitudo 0.5-18 mm (dominan 2 mm). Kesimpulannya aktivitas Gunung Bromo pada Level II (Waspada), sehingga masyarakat dan wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif.

Sementara itu, hujan abu vulkanik sebelumnya juga dilaporkan telah mengguyur Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (20/3) pagi. Bahkan objek wisata di puncak B-29 Desa Argosari yang berada di selatan Gunung Bromo terpaksa ditutup sementara karena guyuran hujan abu vulkanik cukup deras yang terbawa angin ke arah sana. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: