Januari-Maret 2019, Realisasi Tanam Padi Deli Serdang Capai 6.687 Hektare

TrubusNews
Syahroni
19 Mar 2019   23:00 WIB

Komentar
Januari-Maret 2019, Realisasi Tanam Padi Deli Serdang Capai 6.687 Hektare

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebagai salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara (Sumut), lahan padi sawah di Kabupaten Deli Serdang membentang seluas 38.435 hektare setelah validasi. Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Deli Serdang, Ronggur Aditya mengatakan, periode Januari-Maret 2019, pertanaman padi sudah dilakukan di lahan seluas 6.687 hektare. Saat ini petani lain masih menunggu curah hujan untuk memulai tanam.

"Pertanaman bulan Januari seluas 2.491 hektare, Februari 2.450 hektare, dan Maret 1.746 hektare di 22 kecamatan. Petani yang sudah tanam terbantu dengan irigasi," kata Ronggut, Selasa (19/3).

Baca Lainnya : 66.682 Ton Beras Bulog Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Warga Sumut 10 Bulan Kedepan

Petani yang belum menanam umumnya karena masih menunggu curah hujan. Di bulan Maret-April merupakan musim tanam, dan varietas yang banyak ditanam petani padi di Deli Serdang di antaranya Inpari 32, Ciherang, dan lainnya.

"Di kawasan Jalan Medan-Tanjung Morawa, petani sudah menanam padi di awal Februari," ujarnya.

Seorang petani bernama Wismar mengatakan, saat ini usia padi varietas ciherang yang ditanamnya sudah satu bulan. Dirinya berharap hasil panen bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. 

"Di sini kita panen akhir tahun. Tadinya saya biarkan sebentar, dan ini baru saya tanami lagi di Februari," ucapnya. 

Baca Lainnya : Wujudkan Sumut Agraris, KTNA Diharapkan Turut Bangkitkan Sektor Pertanian

Utema Silan, dari UPTD Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara menyebut, di saat cuaca seperti sekarang ini, yaitu cuaca panas masih terjadi di beberapa tempat. Sebagian saja yang sudah turun hujan.

"Cuaca panas rentan munculnya serangan hama ulat grayak dan avis. Biasanya petani menanganinya dengan menyemprotkan insektisida," sebutnya.

Dalam rapat dinas beberapa waktu lalu, Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) melaporkan bahwa hujan baru ada di bulan April. Bagi petani yang belum tanam, khususnya di daerah timur untuk menundanya dulu. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: