Pohon Tumbang Tutupi Badan Sungai, Banjir Intai 4 Perumahan di Bogor dan Bekasi

TrubusNews
Syahroni
17 Mar 2019   21:00 WIB

Komentar
Pohon Tumbang Tutupi Badan Sungai, Banjir Intai 4 Perumahan di Bogor dan Bekasi

Petugas tengah melakukan proses pembersihan aliran sungai yang terhambat pohon tumbang. (Foto : Doc/ KP2C)

Trubus.id -- Sebuah pohon besar tumbang menutupi aliran sungai Cikeas, berpotensi menimbulkan banjir pada Rabu (13/03) lalu. Peristiwa banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, seolah mengintai warga di bantaran sungai Cikeas manakala aliran sungai tersumbat.

Tumbangnya pohon di seputaran perumahan Puri Nusaphala, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi itu segera ditangani Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi.

Baca Lainnya : Bikin Sungai Cikeas Meluap, KP2C dan DLH Kota Bekasi Bersihkan Bendung Koja

Menurut Puarman, Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), awalnya pihaknya mendapat info dari Lurah Jatiluhur atas adanya pohon tumbang yang menutupi badan sungai. Selanjutnya KP2C berkoordinasi dengan DLH Kota Bekasi.

"Kejadian itu telah dilaporkan KP2C via HP langsung ke Kepala DLH Kota Bekasi, dan langsung direspon dengan cukup baik. DLH menurunkan aparatnya untuk memotong pohon tersebut," jelas Puarman, yang mendampingi salah satu kepala bidang DLH Bekasi saat meninjau lokasi kejadian. 

DLH Bekasi mengerahkan  Tim Katak Orange DLH pada Jum'at (15/03) lalu. Sehari kemudian sumbatan dapat diatasi dengan cara memotong batang pohon. Beruntung, saat pohon melintang, kondisi cuaca cukup baik. 

Baca Lainnya : Gunungan Sampah Bambu di Bendung Koja, Penyebab Meluapnya Sungai Cikeas

"Jika tidak diangkat berpotensi banjir di perumahan Puri Nusaphala Bekasi dan Jatisari. Keduanya di Kota Bekasi. Banjir juga berpotensi terjadi di perumahan Vila Nusa Indah 3 dan Vila Mahkota Pesona yang keduanya terletak di Kabupaten Bogor," ujarnya, Minggu (17/03).

Warga di seputaran sungai Cikeas memang harus lebih waspada bila terjadi penyumbatan pada badan sungai Cikeas. Apalagi di saat musim penghujan saat ini.

"Peristiwa banjir bandang yang terjadi di Sentani, Papua, dan sekitarnya cukup memberikan peringatan kepada pihak terkait dan warga terdampak akan adanya ancaman banjir bila badan sungai tersumbat sampah domestik, bambu ataupun pohon," jelas Puarman. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: