Badai Tropis Idai Menerjang, 31 Nyawa Warga Zimbabwe Dilaporkan Melayang

TrubusNews
Syahroni
17 Mar 2019   23:00 WIB

Komentar
Badai Tropis Idai Menerjang, 31 Nyawa Warga Zimbabwe Dilaporkan Melayang

Badai tropis idai melanda Zibabwe. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sekurang-kurangnya 31 orang meninggal dunia ketika badai tropis Idai melanda Mozambique dan Malawi, bagian timur Zimbabwe. Menurut keterangan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan pemerintah setempat, badai tropis Idai telah menyengsarakan hidup lebih dari 1.5 juta penduduk di tiga negara Afrika Selatan.

Badai itu menyebabkan kebanyakan rumah, sekolah, perkantoran, rumah sakit dan kantor pemerintahan rusak parah. Malah, jalan-jalan juga digenangi air sehingga menyebabkan ribuan orang terdampak banjir buruk tersebut.

Baca Lainnya : Hujan Badai dan Salju Tebal Tewaskan 28 Orang di Pakistan 

Kementerian Penerangan Zimbabwe menyatakan, kebanyakan korban berasal dari bagian Timur Chimanimani, termasuk dua pelajar dan 40 yang lain cedera.

Terjangan badai merobohkan dan merusak ratusan rumah di Provinsi Manicaland. Sementara banjir yang disebabkan hujan deras menghanyutkan banyak jembatan di perbatasan dengan Mozambiq.

Sekelompok warga yang meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi terdampar di atas gunung menunggu untuk diselamatkan. Namun angin kencang menghambat penerbangan helikopter.

Baca Lainnya : Badai Terburuk dalam 30 Tahun Terakhir, Luluhlantahkan Thailand Selatan

Sebelumnya, seorang anggota parlemen, Joshua Sacco, mengatakan, ribuan warga terkena dampak badai Idai karena rusaknya infrastruktur, tertutama jembatan. Belum lagi pemadaman listrik.

"Informasi yang kami miliki sejauh ini, lebih dari 100 orang hilang, dan sebagian dari mereka mungkin telah meninggal," kata Sacco.

Selain itu, setidaknya 25 rumah hancur akibat tanah longsor di Kota Ngangu, Chimanimani, dan menimbun penghuninya. "Mereka bagian dari yang dilaporkan hilang," katanya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: