Gunung Agung Erupsi Lagi Jumat Petang, Kolom Abu Teramati 1.000 Meter dari Puncak

TrubusNews
Syahroni
15 Mar 2019   19:15 WIB

Komentar
Gunung Agung Erupsi Lagi Jumat Petang, Kolom Abu Teramati 1.000 Meter dari Puncak

Ilustrasi (Foto : Doc/ PVMBG)

Trubus.id -- Aktivitas Gunung Agung di Karangasem, Bali kembali meningkat. Jumat (15/3) petang, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, gunung tersebut kembali mengalami erupsi pada pukul 18.27 Wita.

Akibat erupsi kali ini, kolom abu teramati hingga 1.000 meter dari puncak gunung tersebut. 

"Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.000 meter di atas puncak sekitar 4.142 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat," terang Kasubid Mitigasi wilayah wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mikawai Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana melalui siaran persnya, Jumat (15/3) malam. 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi ± 1 menit 23 detik," jelasnya. 

PVMBG menjelaskan, saat ini Gunung Agung dalam status Level III atau siaga. Masyarakat maupun wisatawan diminta untuk tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung. 

"Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual," ujar Devy. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Banjir Bandang Terjang Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Peristiwa   13 Des 2019 - 07:57 WIB
Bagikan:          
Bagikan: