Tanah Longsor Mendominasi Bencana Alam di Sukabumi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Mar 2019   19:00

Komentar
Tanah Longsor Mendominasi Bencana  Alam di Sukabumi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menurut data dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, sepanjang Februari 2019, bencana hidrometeorologi yang melanda Sukabumi didominasi oleh bencana longsor.  BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat dari 53 kejadian bencana hidrometeorologi, 23 kejadian bencana di antaranya adalah longsor.

“Bencana ke dua adalah kebakaran dan angin kencang. Pada bulan Februari tercatat sebanyak tujuh kejadian kebakaran dan angin kencang sebanyak delapan kejadian,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna di Sukabumi, Jumat (15/3).

Selanjutnya, bencana lain yang kerap melanda wilayah ini adalah gempa. Sepanjang periode tersebut di atas, gempa bumi yang dirasakan sebanyak lima kejadian dan pergerakan tanah tiga kejadian serta banjir satu kejadian.

Baca Lainnya : Tren Kejadian Bencana di Sukabumi Meningkat, Bencana Hidrometeorologi Mendominasi

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, bencana tersebut berdampak pada sebanyak 123 unit rumah warga. Rinciannya sebanyak 18 unit rumah warga rusak berat, 42 unit rumah rusak sedang, 63 unit rumah rusak ringan dan 25 unit rumah lainnya terancam.

Jumlah bencana pada Februari 2019 ini menurun dibandingkan dengan Januari 2019. Pada awal 2019 itu Sukabumi dilanda bencana sebanyak 297 kali yang terjadi di beberapa kecamatan.

‘’Kasus longsor tetap mendominasi dibandingkan dengan yang lain,’’ tambahnya.

Baca Lainnya : Seminggu, Tiga Bencana Hidrometeorologi Landa Sukabumi

Rincian kejadian bencana tersebut yakni kebakaran tujuh kali, longsor 77 kali, banjir 16 kali, angin kencang 18 kali, gempa bumi dua kali, pergerakan tanah enam kali dan lain-lain satu kejadian.

BPBD Sukabumi juga mencatat, akibat bencana tersebut sebanyak 1.102 jiwa atau 95 kepala keluarga (KK) terdampak, 116 KK mengungsi, 396 rumah terdampak dengan rincian 76 rusak berat, 59 rusak sedang, 91 rusak ringan dan 170 terdampak.

Sementara itu, menurut data Januari 2019 dilaporkan, terjadi bencana longsor di Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang menyebabkan banyak korban jiwa.

“Saat terjadinya bencana sebanyak 32 warga ditemukan meninggal dunia akibat tertimbun material longsor sementara satu orang dinyatakan hilang,” tutupnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: