PVMBG: 19 Guguran Awan Panas Disemburkan Gunung Merapi 2 Hari Terakhir Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Mar 2019   15:00

Komentar
PVMBG: 19 Guguran Awan Panas Disemburkan Gunung Merapi 2 Hari Terakhir Ini

Luncuran awan panas Gunung Merapi. (Foto : Doc/ AFP)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali merilis informasi terbaru aktivitas Gunung Merapi. Sejak dua hari terakhir PVMBG mencatat Gunung Merapi terjadi 19 kali guguran awan panas.

Sementara pengamatan yang dilakukan sejak Jumat (15/3) pagi, tak teramati adanya guguran lava karena cuaca mendung dan berkabut. Meski aktivitas masih terjadi hingga saat ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih menyatakan status Merapi dalam tingkat Waspada (Level 2).

Baca Lainnya : Lagi, Dua Kali Guguran Lava Gunung Merapi Meluncur ke Hulu Kali Gendol

Sedangkan Kamis kemarin dilaporkan terjadi satu kali guguran lava yang mengarah ke tenggara atau Kali Gendol, dengan jarak luncur 650 meter. Dari aktivitas kegempaan, BPPTKG mencatat 19 kali guguran, satu kali hembusan dan lima gempa Low Frequency.

Baca Lainnya : Waspada, Tujuh Kali Lava Pijar Terpantau Menyembur dari Gunung Merapi

PVMBG tidak merekomendasikan masyarakat berada di Kawasan Rawan Bencana III, meski begitu, warga diminta untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, serta selalu mengikuti informasi aktivitas Merapi.

Selain itu, PVMBG mengintruksikan, radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi untuk dikosongkan dari aktivitas penduduk. Pemerintah daerah dan masyarakat juga diimbau untuk mengantisipasi bahaya abu vulkanik. Selain itu, masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: