Semburan Abu Vulkanik Gunung Bromo Meningkat, BPBD Bersiap Bagikan Masker

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Mar 2019   11:00

Komentar
Semburan Abu Vulkanik Gunung Bromo Meningkat, BPBD Bersiap Bagikan Masker

Gunung Bromo, Jatim (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dua hari terakhir ini terus menyemburkan abu vulkanik. Berdasarkan data terakhir di lapangan menyebut, paparan abu vulkanik gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) mulai dirasakan warga di Kecamatan Sukapura.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengungkapkan, paparan abu vulkanik sudah tersebar ke sejumlah desa yang meliputi Desa Ngadisari, Ngadas, Jetak, Wontoro dan Wonokerto. Abu mulai menempel di genteng, lantai hingga kendaraan milik warga.

Baca Lainnya : Bromo Erupsi Lagi, Kode Penerbangan Oranye Namun Masih Aman Dikunjungi

Meski terpapar abu vulkanik, warga setempat masih melakukan aktivitas seperti biasa. Sebab, abu vulkanik yang menyembur masih dalam intensitas ringan hingga sedang.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengaku telah menindaklajuti dampak paparan abu vulkanik Gunung Bromo.

Pihaknya mengungkapkan, hari ini akan mulai membagikan masker kepada warga untuk antisipasi awal agar terhindar dari masalah pernapasan akibat terpapar abu vulkanik.

Baca Lainnya : Pasca Erupsi, Status Gunung Bromo Masih Waspada Level II

“Sejak kemarin sejumlah warga khususnya anak-anak mulai batuk-batuk, jadi kami langsung bergerak membagikan masker untuk digunakan warga ketika melakukan aktvitas di luar rumah,” terangnya di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/3).

Selain itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak merekomendasikan masyarakat, wisatawan, dan pendaki memasuki kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: