Beruang Madu Masuk Permukiman,  Warga Kotawaringin Timur Gempar

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Mar 2019   10:00

Komentar
Beruang Madu Masuk Permukiman,  Warga Kotawaringin Timur Gempar

Beruang madu masuk kampung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Warga yang berada di Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, geger akibat keberadaan seekor beruang madu di permukiman warga.

Kondisi ini mengakibatkan warga sekitar menjadi resah dan takut. Sebab, beruang terkenal sebagai satwa buas yang tak segan-segan menyerang manusia jika merasa terancam. Selain itu, beruang madu juga terkenal memiliki kuku yang tajam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari masyarakat, satwa liar ini berwarna hitam dengan ukuran tubuhnya seukuran anjing dewasa.

Baca Lainnya : Beruang Madu Terperangkap Jerat Babi di Riau

Berdasarkan keterangan Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, keberadaan beruang madu di permukiman warga akibat habitat beruang madu di Kotawaringin Timur telah rusak.

"Kami sedang berupaya melakukan pencarian serta memasang perangkap besi di sekitar lokasi beruang tersebut" kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, di Kotawaringin Timur kepada wartawan, Jumat (15/3).

Lebih lanjut dikatakannya, beruang madu merupakan golongan satwa yang dilindungi negara karena keberadaannya hampir punah. Bahkan saat ini beruang madu saat ini mulai langka dan sangat sulit ditemukan. Meski keberadannya membuat geger dan resah warga sekitar, beruang madu tersebut tak boleh disakiti apalagi di bunuh.

Baca Lainnya : Seminggu Ini Dusun Terpencil di Riau Diteror Kawanan Beruang Madu

Untuk menangkap beruang tersebut, tim BKSDA Pos Jaga Sampit memasang perangkap yang terbuat dari besi dan diberi umpan buah cempedak.

"Mudah-mudahan beruang tersebut tertarik dengan umpan yang kami pasang di dalam perangkap, sehingga beruang itu bisa segera kita tangkap," lanjutnya.

Pihaknya memperkirakan beruang tersebut saat ini masih berada di dalam semak-semak di sekitar permukiman warga. Kuat dugaan, bahwa beruang madu ini adalah peliharaan warga yang lepas. Mengingat jarak antara hutan dan permukiman warga sangat jauh.

“Kalau beruang ini liar sepertinya sangat kecil kemungkinannya,” pungkasnya. [KW]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 15 Mar 2019 - 17:05

mau numpang promosi bo kelinci99 untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: