Dinkes Papua Tetapkan KLB DBD, Usai 81 Warganya Jadi Korban

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Mar 2019   09:30

Komentar
Dinkes Papua Tetapkan KLB DBD, Usai 81 Warganya Jadi Korban

Nyamuk penyebab demam berdarah (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Kota Timika, Papua mencatat, sebanyak 81 warga setempat positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Mimika, Obet Tekege di Timika melaporkan, kasus terbanyak ditemukan di wilayah Kelurahan Pasar Sentral Timika, Distrik Mimika Baru dengan jumlah kasus sebanyak 32.

"Dinkes Provinsi Papua telah menyatakan Kabupaten Mimika dalam status KLB DBD," terang Obet di Papua kepada Antara, Jumat (15/3).

Baca Lainnya : Waspada, DBD Telah Tewaskan 207 Orang Sejak Januari 2019

Untuk itu, pihaknya telah meminta seluruh jajaran Dinas Kesehatan untuk terus mengampanyekan pembersihan lingkungan dengan memberantas sarang nyamuk dan mengimbau masyarakat terlibat penuh dalam upaya membersihkan lingkungan sekitar permukiman mereka.

Baca Lainnya : Cegah DBD, Menkes Minta Sekolah Kuras Bak Mandi Jelang Akhir Pekan

Diakui Obet, saat ini persediaan peralatan untuk pengasapan dan bubuk abate di Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Mimika mulai menipis.

Sebelumnya, Dinkes Mimika telah menyurati Dinkes Provinsi Papua untuk membantu persediaan peralatan pengasapan dan bubuk abate, namun hingga kini belum juga dikirim.

"Langkah terbaik yang bisa dilakukan yaitu setiap rumah tangga bertanggung jawab membersihkan lingkungannya dari sarang nyamuk. Apabila ada anggota keluarga yang mengalami gejala demam atau panas tinggi, segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan," urainya. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: