Kebakaran, 1.832 Hektare Lahan di Riau Berubah Jadi Abu

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
14 Mar 2019   14:30

Komentar
Kebakaran, 1.832 Hektare Lahan di Riau Berubah Jadi Abu

Kebakaran hutan (Foto : M Syukur)

Trubus.id --  Jumlah lahan terbakar di Riau kian bertambah setiap harinya. Memasuki pertengahan Maret 2019 ini, tercatat sudah 1.832 hektare lahan menjadi abu karena dilumat api.

Meski demikian, masyarakat Riau patut bersyukur karena dalam beberapa hari terjadi penurunan titik api ataupun titik panas sebagai indikasi kebakaran hutan dan lahan. Asap tipis yang sempat menyelimuti Pekanbaru juga hilang karena mulai tingginya intensitas hujan.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward Sanger, Riau dalam beberapa hari sempat zero hotspot. Meski demikian, petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni serta perusahaan, masih di lapangan mendinginkan lahan sisa terbakar.

"Sudah mulai kondusif, tinggal pendinginan di beberapa titik seperti Kabupaten Bengkalis," kata Edward di Pekanbaru, Kamis (14/3/2019).

Selain pendingin, Edward menyebut Satgas Siaga Darurat Karhutla Riau juga melakukan patroli, baik darat ataupun udara, untuk mencegah terjadinya kebakaran. Masyarakat juga dihimbau tidak membakar lagi ketika membakar lahan untuk kebun.

"Patroli efektif menjaga lahan agar tidak terbakar, apalagi sekarang udaranya sudah segar, mari kita jaga situasi ini," imbuh Edward.

Edward menerangkan, Bengkalis menjadi kabupaten luas terbakar di Riau, yaitu 1.015,5 hektare. Berikutnya Rokan Hilir 254,5 hektar (ha), Meranti 215,4 ha, Dumai 133 ha, Siak 70,75 ha, Indragiri Hilir 48 ha, Pelalawan 43 ha, Pekanbaru 21,76 ha, Kampar 19,5 ha, dan Indragiri Hulu 1,5 ha.   

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru berdasakan pencitraan satelit mendeteksi penurunan titik panas di Riau dalam beberapa hari terakhir.

"Pada hari ini terpantau tiga titik panas di Riau, yaitu di Bengkalis. Dari titik panas ini, yang dipercaya sebagai titik api ada satu dengan level kepercayaan di atas 70 persen," kata Kepala BMKG Pekanbaru Sukisno.

Untuk kondisi cuaca, Sukisno menyebut dari pagi hingga malam hari Riau diprakirakan cerah berawan. Hujan diprakirakan terjadi di beberapa kabupaten dengan intensitas ringan.

"Hujan bersifat lokal yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar," kata Sukisno. (M Syukur)

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 14 Mar 2019 - 18:25

mau numpang promosi bo kelinci99 menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: