Sukahati, Kampung Pembibitan Alpukat Terbesar di Bogor

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
14 Mar 2019   11:00

Komentar
Sukahati, Kampung Pembibitan Alpukat Terbesar di Bogor

Bupati Bogor Ade Yasin (Foto : Astri Sofyanti/ Trubus.id)

Trubus.id -- Kampung Sukahati yang berlokasi di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ternyata menjadi salah satu kampung pembibitan alpukat terbesar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamis, 14 Maret 2019, Kampung Sukahati secara resmi melaunching dua varietas bibit alpukat unggul yakni varietas Misra dan Miki yang dihadiri oleh Bupati Bogor Ade Yasin.

Bibit unggul alpukat ini dikembangkan oleh Kelompok Tani Tunas Hijau Sukahati.

Ketua RW 03 Kelurahan Sukahati, Ruslan mengungkapkan di Indonesia sendiri varietas alpukat misra diyakini menjadi salah satu vatietas unggul.

Baca Lainnya: Meski Kekurangan, Pria di Bogor Ini Malah Buka Rumah Makan Gratis

Diakui Ruslan keunggulan alpukat misra, yakni memiliki buah yang besar, rata-rata berat 300-500 gram per buah, rasanya manis. Selain itu pohonnya dapat berbuah tidak mengenal musim. Sementara alpulat miki, daging buah kuning seperti mentega dan rasanya manis. Rata-rata beratnya sekitar 400-600 gram per buah.

"Kedua varietas ini merupakan bibit unggul yang tak mengenal waktu panen," terang Ruslan kepada Trubus.id di Kampung Sukahati, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/3).

Kelompok Tani Tunas Hijau Sukahati bersama 40 warga setempat sepakat untuk memperkenalkan varietas alpukat unggul ini kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengenal dan sama-sama memperkenalkan ke publik sehingga kedua varietas unggul ini semakin diketahui masyarakat.

Baca Lainnya: Pusat Lahan Gambut Tropis Internasional Dibangun di Bogor 

 "Saya berharap menanam alpukat jadi tren di kalangan masyarakat tak hanya di Kampung Sukahati tapi di wilayah lain. Dengan melakukan pembibitan alpukat uang menerapkan sistem kultur jaringan, saya rasa nantinya akan bisa menyaingi produk-produk ekspor," ucap Ade, saat memberikan sambutan di Kampung Sehati, Kecamatan Cibibong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/3).

Pihaknya menginginkan Kecamatan Cibinong menjadi sentra penghasil bibit buah-buahan khususnya alpukat.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: