Canggih, Pasar Ikan Modern Muara Baru Diproyeksikan Jadi Percontohan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
14 Mar 2019   08:39

Komentar
Canggih, Pasar Ikan Modern Muara Baru Diproyeksikan Jadi Percontohan

Presiden Jokowi dan Menteri Susi Pudjiastuti di Pasar Ikan Modern Muara Baru (Foto : Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara menjadi percontohan bagi pembangunan pasar ikan lainnya di daerah. Dengan adanya PIM Muara Baru, dia berharap bisa mengubah persepsi bahwa pasar ikan identik dengan kotor, becek, dan bau.

"Saya nggak sekali dua kali ke sini, dulu yang jelas bau becek gak bisa pake sepatu kayak gini. Sekarang bangunan yang termodern seperti ini. Ya ini sebagai contoh pembangunan di provinsi yang lain termasuk fasilitas di dalamnya," ujar Jokowi saat meresmikan PIM di Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3). 

PIM Muara Baru merupakan proyek milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perum Perindo. PIM dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.  

PIM terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL), klinik, ATM , ruang pertemuan, dan masjid.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyatakan, pasar ikan modern Muara Baru, akan diperluas sehingga luasnya sekitar dua kali lipat dari yang ada pada saat ini.

Baca Lainnya: KKP Beri Bantuan Pembangunan Pasar Ikan Modern di Palembang

"Sekarang luasnya dua hektare, nantinya akan dua kali lebih besar," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Menurut Susi, rencana perluasan itu akan dilakukan secara sedikit-sedikit dan bertahap, sehingga perluasan itu juga akan bisa dikelola dengan baik pula. Ia juga mengutarakan harapannya agar dengan pasar ikan modern itu tidak ada lagi kapal ikan yang memasukkan laporan tangkapannya dengan keliru.

Susi juga menuturkan, pada saat ini di pasar ikan yang lama di Muara Baru, tangkapan ikannya bisa sekitar 500 ton semalam, sedangkan bila pasar baru telah beroperasi maka diharapkan jumlahnya bisa mencapai 500-1.000 ton.

Baca Lainnya: Pasar Ikan Legendaris Tsukiji di Jepang Diserbu Ribuan Tikus

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang turut mendampingi Jokowi dalam peresmian tersebut mengaku senang dengan hadirnya (PIM) Muara Baru. Menurutnya, keberadaan PIM Muara Baru merupakan hadiah untuk warga Jakarta.

"Izinkan kami atas nama Pemprov dan masyarakat Ibu Kota sampaikan terima kasih dan apresiasi. PIM Muara Baru ditegakkan di utara Jakarta. Nantinya konsumsi ikan akan benar-benar menjadi konsumsi gizi utama masyarakat Ibu Kota," ucap Anies. [RN/KW]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: