Jokowi Resmikan PIM Muara Baru, Konsep Higienitas dan Modern jadi Terobosan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
13 Mar 2019   20:30

Komentar
Jokowi Resmikan PIM Muara Baru, Konsep Higienitas dan Modern jadi Terobosan

PIM Muara Baru resmi beroperasi, Rabu (13/3). (Foto : Trubus.id/ Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasionalisasi Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang berada di Kompleks Pelabuhan Perikanan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/3) sore. 

Pasar ikan pertama di Indonesia yang mengedepankan konsep higienitas dan 'one stop shopping' aneka produk perikanan ini diharapkan mampu mendorong kemajuan perikanan nasional dan pertambahan angka konsumsi ikan nasional.

Presiden RI, Joko Widodo saat meresmikan pengoperasian Pasar ikan Modern (PIM) Muara Baru, Rabu (13/3) sore.

"Alhamdulilah sekarang sudah jadi pasar ikan modern sepert iPasar Ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang.  Sekaligus membalik persepsi becek, kotor, bau, tidak nyamannya. Saya minta agar penggunaan bangunan yang sudah modern disertai pola kerja baru dan kebiasaan baru. Mari dijaga kebersihan keamanan dan kenyamanan,"  jelas Jokowi di PIM Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3).

PIM Muara Baru seluas 2 hektare dibangun dilahan seluas sekitar 4,15 hektare dengan anggaran sebesar Rp150,69 miliar. Bangunan dengan tiga lantai berdinding kaca yang menjadi penampakan baru, menambah kesan modern pasar ikan ini.

Ada dua lantai yang disiapkan untuk menampung para pedagang. Lantai dasar diperuntukkan bagi lapak ikan basah, sementara lantai dua deretan kios-kios berpintu rolling-door dan lantai keramik diperuntukan sebagai kios penjaja ikan kering dan olahannya. Fasilitas 'chilling room' dan pengepakan ikan juga disediakan di lantai dasar sebagai sarana pendukung aktivitas jual-beli ikan.

"Di sini ada 896 unit lapak untuk menjual ikan segar," tambah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di kesempatan yang sama. 

Di sebelah kiri gedung sendiri terdapat eskalator yang membawa pengunjung naik ke lantai dua, yakni 8 food court terbuka yang akan menjadi pusat wisata kuliner perikanan nantinya. Selain , 2 unit ice flake machine kapasitas 10 ton, area pemasaran retail, laboratorium. 

Got atau saluran air juga sudah ditata sedemikian rupa supaya area itu tidak becek, kotor, dan bau, sebagaimana pasar pada umumnya. 

"Penataan kiosnya lebih menjadikan kebersihan dan kesehatannya terjamin karena kita menyediakan masing-masing kios ada air tawar dan air asin karena ikan-ikan itu ada yang harus diguyur air asin," tambah Susi. 

Adapun PIM Muara Baru dilengkapi juga dengan beberapa fasilitas pendukung antara lain Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL), ruang pengepakan, gerai peralatan maritim, ruang pertemuan, area parkir yang luas, cold storage berkapasitas 50 ton, bongkar muat hingga pengepakan.

Berdasarkan data Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), Nizam Zachman, setiap harinya PPI Muara Baru memasarkan sekitar 400 ton ikan dengan nilai omzet rata-rata sekitar Rp10-12 Miliar. 

Ikan ikan ini berasal dari wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur (sepanjang pantai utara jawa). Ikan didominasi oleh jenis ikan laut seperti ikan kembung, cumi, tongkol, kakap, udang dan jenis ikan air tawar seperti ikan patin, bawal dan mujair. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: