Melalui Desa Tani Expo Petani Milenial, Kementan Dorong Petani Bandung jadi Mandiri

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
13 Mar 2019   21:00

Komentar
Melalui Desa Tani Expo Petani Milenial, Kementan Dorong Petani Bandung jadi Mandiri

Dirjen Hortikultura, Suwandi meresmikan Grand Launching Desa Tani Expo Petani Milenial di Desa Cibodas, Lembang, Bandung Barat. (Foto : Doc/ Kementan RI)

Trubus.id -- Guna mendorong petani milenial mandiri serta berdaya saing, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi meresmikan Grand Launching Desa Tani Expo Petani Milenial yang diselenggarakan Kelompok Tani MACAKAL di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu, (13/3).

Dalam kesempatan itu, Suwandi mengapresiasi kegiatan launching Desa Tani Expo Petani Milenial tersebut. Diakuinya upaya-upaya ini bisa mengangkat petani lebih mandiri dan mampu berdaya di tanah sendiri. Dirinya juga berharap, pola-pola seperti ini juga diterapkan di daerah-daerah lain, sehingga jangkauannya bisa lebih luas lagi.

“Manfaatnya sangat luar biasa, karena yang diproduksipun produk-produk sayuran yang kelas supermarket dan ekspor, Ini sangat baik. Jadi komprehensif, mulai dari pembinaan hulu, kemitraannya, hilir sampe pasar," demikian disampaikan Suwandi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (13/3).

Baca Lainnya : Bersama Petani Milenial, Kementan Fokus Bikin Petani Sayuran Cianjur Maju

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, pola sinergi seperti ini juga sangat bagus dalam membuka akses permodalan hingga menjamin ketersediaan pasar. Terbukti, dengan banyak pihak yang ingin bermitra dan membangun kerjasama dengan petani.

"Saya lihat tadi ada MoU salah satunya dengan Bank BJB dan ini saya harap terus di tingkatkan. Kita akan terus mendukung penuh dengan berbagai apa yang bisa kita lakukan. Kita akan suport," tambah Suwandi.

Terkait dengan lahan pertanian yang tersedia di Bandung Barat, Dirjen Hortikultura ini menilai lahannya sudah terlihat subur dan efisien. Hanya saja dia berharap pola petani yang baik yaitu ramah lingkuangan dan mengikuti SOP.

Baca Lainnya : Program Kementan 1 Juta Petani Milenial Dapat Menggerakkan Perekonomian Bangsa

"Biar produksi kita tingkatkan, tapi di samping itu dengan pola-pola yang ramah lingkungan," ucap dia.

Suwandi mengatakan, konsep pertanian milenial yang diharapkan oleh pemerintah saat ini sudah ada pada Kelompok Tani MACAKAL ini. Dikatakannya, kelompok tani ini merupakan contoh generasi milenial, yaitu generasi muda yang bangkit memajukan pertanian yang berdaya saing. 

"Image kita selama ini pertanian itu ya becek-becekan, kotor-kotoran. Contohnya apa, ini sudah dilakukan mekanisasai, pola transaksinya pun udah mengikuti generasi milenial.  Jadi teknologi informasi teknologi mekanisasi teknologi yang lain kita manfaatkan untuk menggenjot produksi dan distribusi hasil pertanian," pungkasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: