Sumut Diprediksi Hujan Sedang Hingga Lebat, BBMKG Medan Imbau Warga Waspada Bencana

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 2
13 Mar 2019   18:30

Komentar
Sumut Diprediksi Hujan Sedang Hingga Lebat, BBMKG Medan Imbau Warga Waspada Bencana

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diprediksi bakal dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Prakirawan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan, Lestari Irene Purba mengatakan, prediksi tersebut dikeluarkan sejak Selasa (12/3). Untuk kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di daerah pegunungan dan pantai timur.

"Untuk daerah pegunungan kita mencatat masih warning. Untuk pantai timur, intensitas hujan kategori ringan. Untuk pantai barat akan terjadi hujan dengan intensitas sedang," katanya, Rabu (13/3).

Lestari mengungkapkan, memasuki hari ketiga dari prediksi ini, atau tepatnya pada Kamis (14/3) besok, wilayah pantai timur dan Asahan sekitarnya, BBMKG mengindikasi ada hujan deras yang disertai petir. "Untuk pantai barat relatif hujan sedang," ujarnya.

Diterangkannya, terkait prediksi ini, untuk Sumut secara umum ada pertumbuhan awan yang mengakibatkan intensif hujan sedang. Meskipun bulan ini masih musim kemarau, ada gangguan cuaca di Samudera Hindia Barat Sumatera. "Ini yang menyebabkan pertumbuhan awan di Sumut," terangnya.

BBMKG mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, terutama untuk yang berada di daerah pegunungan dan masyarakat yang berada di bantaran sungai. "Masyarakat di pegunungan lebih waspada terjadi longsor. Di daerah pantai dan bantaran sungai waspada hujan intensitas sedang hingga lebat," tandasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: