Biaya Atasi Karhutla di Palembang Capai Rp1 Triliun pada 2018

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
13 Mar 2019   06:30

Komentar
Biaya Atasi Karhutla di Palembang Capai Rp1 Triliun pada 2018

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo (Foto : Dok BNPB)

Trubus.id --   Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengatakan, Biaya pemadaman api terutama di lahan gambut di Sumatera Selatan pada 2018 menghabiskan dana sekitar Rp1 triliun.  Untuk mengantisipasi besarnya biaya pemadaman, diperlukan pencegahan sejak dini melalui sosialisasi kepada masyarakat.

"Jadi lebih baik mencegah dengan membina masyarakat di sekitar lahan gambut sebelum terjadinya kebakaran yang dapat menghabiskan uang ratusan miliyar rupiah untuk memadamkan api, "ujar Doni di Palembang, Selasa (12/3)

Doni mengatakan, dana yang dihabiskan hingga sekitar Rp1 triliun itu terkait pencegahan timbulnya kabut asap. Karena di Sumsel, pada 2018 itu akan digelar ajang internasional, Asian Games. Pada 2018 itu, bencana kabut asap tidak boleh timbul seperti yang terjadi pada 2015.

Ditambahkan Doni, daripada dana habis untuk memadamkan api lebih baik dana tersebut diberikan kepada masyarakat.

“Saya berharap kepada jajaran TNI, Polri dan unsur Pemda agar bekerja sama dalam merawat masyarakat kita, untuk dilakukan pembinaan tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Masyarakat bisa diberdayakan memanfaatkan lahan gambut untuk menghasilkan tanaman ekologis dan sekaligus  ekonomis seperti tanaman kopi liberica, sagu dan pohon aren.

Sehubungan dengan itu pihaknya meminta kepada para Kepala BPBD dan perangkatnya yang ada di provinsi dan kabupaten serta kota agar menyosialisasikan kepada masyarakat supaya tidak membakar lahan gambut untuk membuka perkebunan.

"Cegah dini penting, dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sangat diharapkan," tambah dia.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: