Waspada, Gelombang Setinggi 4 Meter Masih Mengancam Perairan Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Mar 2019   18:30

Komentar
Waspada, Gelombang Setinggi 4 Meter Masih Mengancam Perairan Indonesia

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang pasang air laut (gelombang tinggi) yang akan terjadi hingga Jumat (15/3).

Kepala Bagian Humas BMKG, Akhmad Taufan Maulana mengungkapkan, teridentifikasi pola tekanan rendah 1008 hPa di Samudra Hindia selatan Jawa Barat dan 1010 hPa di Laut Arafuru bagian barat. Kemudian terdapat sirkulasi Edy di Samudra Hindia barat Aceh.

Pola angin di utara Indonesia umumnya dari arah barat-utara dengan kecepatan angin berkisar antara 4-20 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 4-35 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Kepulauan Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Papua. 

Baca Lainnya : Gelombang Setinggi 4 Meter Masih Landa Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

“Kondisi ini bisa memicu peningkatan gelombang tinggi,” demikian dikatakan Taufan melalui keterangan resminya di Jakarta, Selasa (12/3).

Untuk itu, pihaknya meminta meminta masyarakat berhati-hati karena beberapa wilayah berpotensi terkena gelombang tinggi 1,25-2,5 meter (kategori sedang). Sebagian wilayah yang berpotensi dilanda gelombang tinggi yakni Perairan Utara Sabang, Perairan Sabang Banda Aceh, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh hingga Kepulauan Nias, Perairan Selatan Pulau Sumba-Pulau Sawu.

Kemudian Selat Sumba bagian Barat, Laut Sawu, Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Maluku, Perairan Utara Kepulauan Sula, Perairan Timur Bitung, Perairan Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Kepulauan Kai-Aru, Laut Banda bagian Timur, Perairan Kepulauan Babar dan Tanimbar, Perairan Utara Raja Ampat hingga Manokwari, dan Samudra Pasifik Utara Halmahera.

Selain itu, Taufan juga meminta waspada beberapa wilayah berpotensi terkena gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter (karegori tinggi) seperti Perairan Enggano hingga Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan.

Baca Lainnya : Gelombang Setinggi 4 Meter Berpotensi Landa Perairan Sangihe dan Talaud

Kemudian Samudera Hindia Selatan Jawa hingga NTB, Perairan Utara Biak, Perairan Utara Jayapura-Sarmi, dan Samudera Pasifik Utara Papua Barat hingga Papua.

Pihaknya menekankan, masyarakat/nelayan untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, Kapal fery dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. [RN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


vanessa xu 12 Mar 2019 - 22:02

numpang promosi bo kelinci99 untuk cashback kami berikan sebesar 5% DI LIVECASINO BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: