BPBD Jatim: Tuban, Gresik, dan Lamongan Masih Terendam Banjir

TrubusNews
Astri Sofyanti
11 Mar 2019   12:30 WIB

Komentar
BPBD Jatim: Tuban, Gresik, dan Lamongan Masih Terendam Banjir

Banjir rendam sebagian wilayah di Jawa Timur. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa waktu terakhir sebanyak 17 kabupaten di Jawa Timur dilanda banjir. Akibat kondisi tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Timur menatapkan siaga darurat banjir di Jawa Timur.

Senin (11/3), Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim), Suban Wahyudiono mengungkapkan, hanya tinggal tiga kabupaten yang masih terendam banjir. Ke tiga kabupaten tersebut meliputi, Tuban, Kabupaten Gresik, dan Lamongan.

“Hanya tinggal tiga wilayah yang masih terendam banjir, wilayah lain sudah sepenuhnya surut,” ujar Suban di Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/3).

Baca Lainnya : Pertanian di Madiun Rugi Rp8,5 Miliar karena Banjir

Meski begitu, diakui Suban, di Kabupaten Tuban, sejumlah desa ketinggian airnya rata-rata 40-50 sentimeter. Sama halnya di Kabupaten Gresik, ketinggian air rata-rata sekitar 50 sentimeter. Selain itu, masih ada beberapa hektar sawah yang juga masih tergenang banjir.

Sementara di Kabupaten Lamongan diakui Suban, sejumlah tinggi genangan air di sejumlah kecamatan rata-rata 30-40 sentimeter. Selain itu, lahan pertanian beberapa hektare di wilayah tersebut juga masih terdapak banjir.

Baca Lainnya : Meski Darurat Banjir, Stok Beras di Jawa Timur Aman

Sementara di Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Bojonegoro banjirnya sudah surut, hari ini para warga hanya tinggal melakukan pembersihan di rumah masing-masing. Lebih lanjut dikatakan Suban, tiga kabupaten ini, seluruh pengungsi juga sudah kembali ke rumah masing-masing untuk bersih-bersih.

Hal serupa juga terjadi di 11 kabupaten lain yang genangan banjir telah surut, ke 11 kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Jember, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Banyuwangi banjir telah benar-benar surut.

“Warga di 11 kabupaten itu sudah kembali ke rumah untuk membersihkan rumahnya yang terdampak banjir,” tandasnya. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: