Pemerintah Wajibkan Seluruh Daerah Pakai Karet untuk Pengaspalan Jalan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
11 Mar 2019   10:00

Komentar
Pemerintah Wajibkan Seluruh Daerah Pakai Karet untuk Pengaspalan Jalan

Jalan aspal, ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan akan membuat surat edaran yang  mewajibkan penggunaan karet untuk campuran pengaspalan jalan yang ada di seluruh daerah di Indonesia. Saat ini dirinya tengah menyelesaikan Norma, Standar, Prosedur, Kriteria (NSPK) pemanfaatan aspal karet untuk pembangunan jalan di daerah.

"Kita sudah siapkan NSPK-nya. Nanti Menteri Dalam Negeri yang akan membuat surat edaran. Kalau itu sudah selesai, berarti penggunaan karet untuk aspal wajib di seluruh daerah,” ujar Menko Darmin dalam keterangan tertulis, Minggu (10/3).

Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria atau lebih dikenal dengan singkatan NSPK menjadi hal yang sering disebut setelah pemberlakuaan PP 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Baca Lainnya: Bantu Dongkrak Harga, Kemenhub Akan Serap Karet Lokal untuk Campuran Aspal

Menko Darmin mengatakan bahwa upaya mendongkrak konsumsi karet dalam negeri melalui penggunaan karet untuk campuran pengaspalan jalan di seluruh daerah itu, juga merupakan Perintah Presiden Joko Widodo kepada jajaran para menteri saat kunjungannya ke Sumatra Selatan akhir pekan lalu.

Perintah Presiden tersebut sebagai tindakan lanjut dari hasil pertemuan International Tripartite Rubber Council (ITRC) yang digelar di Bangkok belum lama ini.

Pada pertemuan itu, Indonesia bersama dua negara produsen karet lainnya, Thailand dan Malaysia menyepakati tiga kebijakan untuk mendongkrak harga karet alam di pasaran global.

Pertama, mengatur jumlah ekspor karet alam. Kedua, peningkatan penggunaan karet alam di dalam negeri, dan ketiga; peremajaan (replanting) karet alam.

Baca Lainnya: Kulon Progo Sulap Sampah Plastik Menjadi Bahan Pembuat Aspal

Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, agar penggunaan karet untuk aspal mulai dilaksanakan di seluruh tanah air.

Mulai 2018, mengaspal jalan sudah dicampur dengan karet. Hal itu baru dilakukan di tiga provinsi yaitu Sumatera Selatan, Riau, dan Jambi.

Menurut Presiden Jokowi, meskipun harganya lebih mahal, Pemerintah akan tetap membeli karena kualitasnya pun baik. Untuk itu, diperintahkan agar penggunaan karet untuk aspal bisa dilakukan di provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: