Kementan Bagi-bagi Instalasi Pengering UV ke Petani di Sumenep

TrubusNews
Astri Sofyanti
10 Mar 2019   23:00 WIB

Komentar
Kementan Bagi-bagi Instalasi Pengering UV ke Petani di Sumenep

Petani Sumenep (Foto : Kementerian Pertanian)

Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan instalasi pengering ultraviolet (UV) untuk para petani di Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Hal tersebut dilakukan Kementan untuk mengapresiasi para petani.

Tentunya, bantuan berupa instalasi pengering ultraviolet (UV) disambut antusias para petani sekitar. Itu karena, mereka tak perlu lagi khawatir dengan kualitas padi yang dipanen, meski cuaca terus menerus hujan.

Baca Lainnya : Mentan Siap Maksimalkan Penggunaan Mesin Pertanian Guna Dongkrak Produksi

"Mesin ini membantu kami untuk mempercepat pengeringan padi hasil panen," jelas Mat Sahri, anggota Kelompok Tani Bunga di Desa Matanair, Sumenep, Minggu (10/3).

Biasanya, proses penjemuran padi secara manual di depan rumah, membutuhkan lima hari. Bisa bertambah lama jika musim hujan. Namun, dengan instalasi pengering ultraviolet, pengeringan padi hanya membutuhkan waktu dua hari.

Baca Lainnya : Kementan Beri Rp6 Juta per Hektare untuk Lahan Pertanian yang Terdampak Banjir

Selama ada mesin pengering ini, mau cuaca mendung atau hujan, saya tidak khawatir lagi sebab padi tetap kering dan layak digiling," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Saya menantang para petani lain yang belum percaya dengan kecanggihan mesin pengering ini. Saya ingin mereka mencoba sendiri. Saya sudah membuktikan kalau hasil mesin pengering ini bagus."

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Kasus Kematian Akibat Covid-19 Naik Jadi 2.858 Jiwa

Peristiwa   28 Feb 2020 - 12:04 WIB
Bagikan: