160 Hektare Lahan Sawah Baru Berhasil Dicetak di Cianjur

TrubusNews
Diah Fauziah
10 Mar 2019   11:00 WIB

Komentar
160 Hektare Lahan Sawah Baru Berhasil Dicetak di Cianjur

Ilustrasi. (Foto : Trubus.id/ Diah Fauziah)

Trubus.id -- Terus mencetak lahan sawah baru merupakan upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka mewujudkan swasembada pangan. Pada tahun 2018, Pemkab Cianjur berhasil mencetak lahan sawah baru seluas 160 hektare di wilayah Campaka Mulya dan CIdaun.

"Patut dicontoh karena lahan pertanian di Indonesia terus mengalami penyusutan," kata Sarwo Edhy, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Sabtu (9/3).

Baca Lainnya : Jaga Ketahanan Pangan, Pemerintah Sulap Rawa untuk Cetak Sawah 

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) membuktikan bahwa lahan baku sawah Indonesia mengalami penyusutan sembilan persen dalam lima tahun. Pada tahun 2013, lahan baku sawah Indonesia mencapai 7,73 juta hektare dan tinggal 7, 1 juta hektare pada tahun 2018.

"Kewajiban pemerintah, pusat maupun daerah, menetapkan lahan pangan berkelanjutan. Sudah diatur dalam Undang-undang nomor 41 tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan," ujar Sarwo.

Baca Lainnya : Program Cetak Sawah 150 Hektare di Teluk Wondama Tertunda,  Ini Sebabnya

Apabila lahan sawah baru sudah clean dan clear, Kementan siap memberikan bantuan yang dibutuhkan seperti alat mesin pertanian (alsintan), benih, pupuk dan juga irigasi tersier.

"Kalau semuanya sudah siap, status lahan tidak ada masalah, ada kelompok tani yang siap menggarap, tinggal mengajukan kebutuhan ke pemerintah pusat," kata Sarwo.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: