Kementan Beri Rp6 Juta per Hektare untuk Lahan Pertanian yang Terdampak Banjir

TrubusNews
Astri Sofyanti
10 Mar 2019   13:00 WIB

Komentar
Kementan Beri Rp6 Juta per Hektare untuk Lahan Pertanian yang Terdampak Banjir

Ilustrasi lahan pertanian terdampak banjir. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah wilayah di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, dilanda banjir. Tak hanya merendam rumah penduduk dan fasilitas umum, banjir mengakibatkan lahan pertanian milik petani tergenang air.

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) akan memberikan bantuan bagi para petani yang sawah atau kebunnya terendam banjir. Itulah kenapa, hingga saat ini, Kementan masih melakukan pendataan luas lahan pertanian di sejumlah lokasi bencana banjir.

Baca Lainnya : 497 Hektare Sawah di Madiun Terendam Banjir, Kerugian Petani Capai Rp7 Miliar

"Pemerintah melalui Kementan akan memberikan bantuan bagi para petani yang sawahnya terdampak banjir. Bantuan akan dibagi menjadi dua kategori, sawah dengan asuransi tani dan sawah tanpa asuransi tani," kata Sarwo Edhy, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Minggu (10/3).

Bantuan yang diberikan Kementan tergantung dari umur tanaman yang terdampak banjir dan juga tinggi genangan air.

"Petani yang sawahnya memiliki asuransi tani, akan diberikan kompensasi senilai Rp6 juta tiap hektare. Dan, petani yang sawahnya tidak memiliki asuransi tani, hanya akan diusulkan pemberian bibit gratis,” jelas Edhy.

Baca Lainnya : Sungai Bengawan Solo Meluap, Ratusan Hektare Sawah di Bojonegoro Terendam Banjir

Kalkulasi kompensasi asuransi sudah diperhitungkan dan diperkiran cukup bagi petani untuk melakukan budi daya lahannya, mulai dari pengolahan lahan, membeli benih dan juga pupuk.

"Mengingat cuaca yang tidak menentu, kami terus mendorong petani untuk mengasuransikan lahannya sebelum tanam. Agar lebih aman dan nyaman dalam usaha taninya," tandasnya. [DF]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jokowi Tinjau Posko Penanganan Karhutla di Riau

Peristiwa   21 Feb 2020 - 11:08 WIB
Bagikan: