Ikuti Jejak Orangtua, Gadis 19 Tahun ini Hijaukan 21 Desa

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
09 Mar 2019   10:00

Komentar
Ikuti Jejak Orangtua, Gadis 19 Tahun ini Hijaukan 21 Desa

Suma (Foto : thehansindia.com)

Trubus.id -- Air cucuran atap  jatuhnya ke pelimbahan juga, pepatah ini sangat cocok untuk mewakili aktivitas yang dilakukan oleh Suma. Gadis 19 tahun ini adalah aktivis penyelamat lingkungan di Negara bagian India, Betole. Dalam usianya yang masih muda, ia telah menghijaukan 21 desa di Mahabubabad, India.

Selain itu ia juga sedang mengkampanyekan perlindungan hewan mengenai layanan ambulans yang menyediakan tempat perawatan khususnya burung. Apa yang dilakukan ini terinspirasi dari kejadian yang menimpanya beberapa waktu lalu.

Thehansindia.com menulis, saat itu seekor rubah terpeleset jatuh ke sumur saat mencari air minum. Namun tak ada orang yang peduli dengan nasib rubah malang ini. Warga hanya menelepon pihak otoritas untuk mencari bantuan. Dan hasilnya nihil.

Baca Lainnya: Nauval, Entrepreneur Muda dari Boyolali yang Berdayakan 250 Petani Susu

Melihat hal ini, Suma langsung beraksi menyelamatkan hewan itu. Ia menantang bahaya dengan menuruni sumur yang dalamnya puluhan meter dengan bantuan tali. Setelah sampai di dasar sumur, rubah yang malang itu menghembuskan nafas terakhirnya. Agar tak mencemari air minum, ia membawa rubah ke permukaan.  

“Melayani orang dan lingkungan memberi saya kepuasan yang luar biasa, " katanya kepada media setempat.

Suma, remaja ini tanpa pamrih telah mengabdikan diri untuk melayani masyarakat di sekitarnya. Kecintaannya pada lingkungan disebabkan oleh orangtuanya yang memang seorang aktivis yang mendirikan LSM.

Suma adalah anak pasangan dari Saleema dan Subhani. Keduanya adalah pendiri Nenu Saitham, LSM yang bergerak dalam penyelamatan lingkungan. Sejak tahun 2010 kedua orang ini telah memotivasi generasi muda untuk lebih peduli pada keselamatan lingkungan dan pemberdayaan kaum miskin.

Baca Lainnya: Herwita S. Rosalina: Menjadi Petani Organik Mendekatkan Tujuan Hidup Saya

Pasangan inilah yang mengubah Taman Gandhi yang mirip tempat pembuangan sampah menjadi taman yang indah. Mereka juga menanam sekitar 6000 tanaman berbuah di hutan Kambhalapalli yang berbatasan dengan kota Mahabubabad. Tujuannya untuk menyediakan makanan bagi monyet yang sering membuat keributan di kota itu.

 "Saleema dan Subhani berkata, "Memang benar bahwa sifat-sifat diwariskan dan diturunkan dari orang tua ke anak melalui gen mereka. Kami senang bahwa putri kami mengikuti jejak kami.  

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 09 Mar 2019 - 18:03

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 ada bonus cashback dan bonus deposit harian BBM : 2B1E7B

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: