Korban Banjir Ngawi Bertahan di Tenda Pinggir Jalan Demi Urus Ternak Mereka

TrubusNews
Syahroni
08 Mar 2019   22:30 WIB

Komentar
Korban Banjir Ngawi Bertahan di Tenda Pinggir Jalan Demi Urus Ternak Mereka

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Banjir merendam ratusan rumah warga di Ngawi, Jawa Timur. Pun demikian, banyak warga yang tak mau mengungsi terlalu jauh dari lokasi banjir. Belakangan diketahui, mereka memilih tetap bertahan dengan tenda darurat tak jauh dari lokasi banjir karena khawatir akan hewan ternak mereka. 

Para korban banjir itu mendirikan tenda di sepanjang Jalan Desa Kedung Glagah, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Mereka berjubel di dalam tenda terpal seadanya tanpa lampu penerangan, mulai Kamis (7/3) malam.

Baca Lainnya : Meluas, Banjir di Ngawi Rendam 25 Desa di 6 Kecamatan

Husna, korban banjir yang tetap bertahan di tenda terpal tersebut mengaku nekat mengungsi di sana agar tetap bisa mengurus hewan-hewan ternak miliknya. Ia mengatakan, saat ini keluarga mereka masih memelihara 16 ekor kambing yang harus tetap diberi pakan setiap harinya.

"Saya ndak tega melihat kakek nenek saya mencari pakan kambing," kata Husna, Jumat (8/3).

Meski mengungsi di tenda terpal, Husna dan keluarganya mengaku sudah mendapatkan jatah makanan dari para relawan serta sanak saudara yang datang ke tenda.

"Ini malah masih sisa banyak nasinya. Ada juga roti buah dan kacang kulit," aku Husna.

Baca Lainnya : 497 Hektare Sawah di Madiun Terendam Banjir, Kerugian Petani Capai Rp7 Miliar

Sementara itu, Kasie Kedaruratan dan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Teguh Puryadi menyebut, untuk stok makanan dan minuman bagi warga terdampak banjir masih aman. Ketersediaan makanan dipastikan dapat mencukupi kebutuhan korban hingga 7 hari mendatang.

"Untuk cadangan bahan pangan bagi warga terdampak banjir masih aman hingga 7 hari," tegasnya.

Namun demikian, pihaknya berharap banjir segera surut dan warga dapat beraktivitas kembali sebelum wabah penyakit akibat banjir menjangkiti. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: