Anjloknya Harga Ayam Diduga Karena Ada Praktek Maladministrasi

TrubusNews
Syahroni
08 Mar 2019   22:00 WIB

Komentar
Anjloknya Harga Ayam Diduga Karena Ada Praktek Maladministrasi

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Ridwan Syamsu)

Trubus.id -- Belum lama ini, Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut kalau anjloknya harga ayam terjadi karena pasokan yang berlebih. Menanggapi hal itu, Ombudsman menilai pernyataan tersebut tidak tepat. Pasalnya, sebab merosotnya harga ayam akibat kelebihan pasokan hanya berimbas pada pelaku ternak mandiri (kecil). 

Ombudsman sendiri menduga, terdapat praktek maladministrasi dalam sektor pasar dan peternakan ayam.

"Di mana-mana yang namanya harga anjlok itu memang karena ada banyaknya pasokan, logikanya harusnya semua merugi dong. Tapi yang terjadi, hanya pelaku ternak kecil saja yang terkena imbas," kata Anggota Ombudsman, Alamsyah Saragih usai menerima aduan dari Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar), di Jakarta, Jumat (8/3).

Baca Lainnya : Soal Harga Daging Ayam Turun, Kementan Angkat Suara

Alamyah menyebutkan, dalam kondisi harga yang fluktuatif seharusnya pemerintah menjamin peternak-peternak mandiri untuk tidak mengalami kerugian akibat pasokan yang berlebih. Dalam kondisi tersebut, dia menilai, pemerintah harusnya menelusuri apakah ada unsur-unsur penentuan harga dalam sektor tersebut.

Berdasarkan hasil dengar pendapat dan pengaduan yang diterima, kata dia, Ombudsman menduga adanya praktek maladministrasi di sektor peternakan ayam mulai dari hulu hingga hilir. 

Indikasi maladministrasi tersebut yakni adanya kerugian nyata di tingkat peternak mandiri dan adanya pembiaran regulasi terhadap 20 persen peternak mandiri yang ada.

"Kami melihat ada gejala-gejala predatory pricing karena peternak-peternak terintegrasi ini mengatur harga mulai dari bibit ayam, penggemukan, hingga menjamah market yang sama yang dimiliki peternak mandiri," katanya.

Dia menduga, absennya regulasi dan pengawalan terhadap sektor hulu dan hilir peternakan ayam disebabkan keinginan pemerintah untuk menjamin harga murah di tingkat konsumen. 

Baca Lainnya : Kerja Kementerian Belum Optimal Dituding jadi Penyebab Anjloknya Harga Ayam

Namun demikian, di sisi lain keinginan tersebut secara tidak langsung justru mengorbankan peternak-peternak mandiri sebab sektor tersebut harus membeli seluruh bahan baku ternak dari peternak besar.

Untuk mengetahui apa yang sedang terjadi, kata dia, pemerintah harus dapat mendalami secara komprehensif permasalahan yang ada di sektor peternakan ayam mulai dari hulu ke hilir. Sebab, Pinsar menyebutkan kondisi pasar dan budidaya ayam telah dikuasai oleh seluruh perusahaan-perusahaan besar.

"Bayangkan, 80 persen market dikuasi hanya oleh tiga perusahaan atau peternak ayam besar," katanya.

Berdasarkan hasil dengar pendapat dan aduan yang dilakukan Pinsar, Ombudsman akan menerima laporan yang dilengkapi dengan data untuk dilimpahkan ke tim khusus yang akan menindaklanjuti perkara dugaan monopoli sektor peternakan ayam oleh segelintir kalangan. Pemanggilan akan dilakukan setelah 14 hari usai data-data yang dipinta telah dilengkapi. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: