Curah Hujan Masih Tinggi, Warga Jateng Diminta Waspadai Bencana Banjir

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
08 Mar 2019   14:00

Komentar
Curah Hujan Masih Tinggi, Warga Jateng Diminta Waspadai Bencana Banjir

Ilustrasi pengamatan cuaca BMKG di wilayah Jawa Tengah. (Foto : Doc/ BMKG)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa curah hujan di wilayah Jawa Tengah masih tinggi. Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo mengungkapkan, berdasarkan peta perkiraan curah hujan pada Maret 2019 yang dikeluarkan Stasiun Meteorologi Kelas I Semarang, curah hujan di wilayah pegunungan tengah Jateng secara umum diprakirakan masih tinggi dengan kisaran 401-500 milimeter.

“Diperkirakan ada beberapa wilayah di Jateng curah hujan lebih dari 500 milimeter atau sangat tinggi," terang Teguh di Cilacap, Jumat (8/3).

Baca Lainnya : Curah Hujan Tinggi dan Bencana di Indonesia Akibat dari Aktivitas MJO

Lebih lanjut pihaknya menyatakan, wilayah pegunungan tengah Jateng yang curah hujannya diprakirakan berkisar 401-500 milimeter meliputi Kabupaten Banyumas bagian utara, sebagian besar Purbalingga, sebagian besar Banjarnegara, sebagian besar Wonosobo, dan sebagian Temanggung.

Sementara wilayah yang curah hujannya diprakirakan lebih dari 500 milimeter atau sangat tinggi, yakni Kabupaten Tegal Selatan yang berbatasan dengan Brebes, Purbalingga bagian Utara, Pemalang bagian Tenggara, Kabupaten Pekalongan bagian Selatan, sebagian Batang sebelah Barat, sebagian kecil Banjarnegara bagian Barat Laut, sebagian perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo sebelah Selatan, serta sebagian perbatasan Wonosobo dan Purworejo.

Baca Lainnya : Waspada,  Hujan Petir Berpeluang Terjadi Merata di Seluruh Jakarta. 

"Wilayah lainnya seperti sebagian besar Banyumas, sebagian kecil Purbalingga bagian Barat Daya, serta sebagian kecil Banjarnegara sebelah Barat yang berbatasan dengan Banyumas dan Purbalingga curah hujannya diprakirakan berkisar 301 sampai 400 milimeter, masih masuk kategori tinggi," ujarnya lagi.

Untuk itu, masyarakat khususnya di Jawa Tengah untuk meningkatkan kesiapsiagaan adanya potensi banjir di wilayah Jateng mengingat curah hujan pada bulan Maret masih akan tinggi.

"Kami mengimbau warga yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut," tandas Teguh. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 08 Mar 2019 - 18:19

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 ada bonus cashback dan bonus deposit harian BBM : 2B1E7B

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: