Terobosan Walikota Pontianak: Larang Hidangan Pakai Plastik Kemasan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
08 Mar 2019   12:55

Komentar
Terobosan Walikota Pontianak: Larang Hidangan Pakai Plastik Kemasan

Kantong plastik (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Guna mendukung program pemerintah mengurangi pemakaian kantong plastik, Wakilota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono akan mengeluarkan kebijakan untuk tidak lagi menyediakan hidangan yang menggunakan kemasan plastik.  

Diakui Edi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan ke organisasi perangkat daerah (OPD) hingga ke tingkat kelurahan

“Kami ingin menerapkan penyediaan hidangan tanpa kemasan plastik atau pembungkus berbahan plastik,” kata Edi melalui siaran pers, Jumat (8/3).

Kebijakan ini dikeluarkan berdasarkan Undang-Undang No. 18/2008 tentang Pengelolaan Sampah, PP No. 81/2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Kemudian Perpres No. 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga hingga Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Perwa Kota Pontianak No.68/2018.

"Sebagai penggantinya masyrakat bisa menggunakan wadah yang mudah didaur ulang. Dan kebijakan itu juga mendukung Wali Kota Pontianak tentang pengurangan sampah sebesar 30 persen hingga 2025 mendatang," tambah Edi.

Pihaknya mengungkapkan, juga akan menyiapkan Peraturan Wali Kota Pontianak tentang pengurangan sampah plastik, termasuk kantong plastik yang digunakan untuk membungkus.

Dirinya mengungkapkan, kebijakan penerapan ini sebenernya bukanlah kebijakan baru.

“Sejak dulu sudah dilakukan, tapi belum efisien, jadi sekarang kami galakkan lagi,” ujar Edi menjelaskan.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 08 Mar 2019 - 18:40

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 ada bonus cashback dan bonus deposit harian BBM : 2B1E7B

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: