12.495 KK Terdampak Banjir di 15 Kabupaten Jawa Timur

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
08 Mar 2019   10:00

Komentar
12.495 KK Terdampak Banjir di 15 Kabupaten Jawa Timur

Banjir di Jawa Timur (Foto : Binsar Marulitua/Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 12.495 kepala keluarga terdampak banjir yang terjadi di 15 kabupaten di Jawa Timur. Bencana banjir tersebut, umumnya disebabkan adanya aktivitas Madden Julian Oscilation (MJO) di Samudera Hindia yang menyebabkan curah hujan tinggi di Indonesia. 

"Data sementara, banjir menyebabkan lebih dari 12.495 KK terdampak dan sebagian masyarakat mengungsi ke tempat yang lebih aman," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho Kamis (7/3) malam.

Sutopo memjelaskan, berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Jatim, 15 kabupaten yang mengalami banjir adalah Kabupaten Madiun, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Sidoarjo, Kediri, Bojonegoro, Tuban, Probolinggo, Gresik, Pacitan, Tranggalek, Ponorogo, Lamongan dan Blitar.

Baca Lainnya: Sungai Bengawan Solo Meluap, Ratusan Hektare Sawah di Bojonegoro Terendam Banjir

"Daerah yang paling parah terlanda banjir adalah Kabupaten Madiun akibat meluapnya sungai Jeroan yang merupakan anak sungai Madiun," ucapnya.

Ia merinci, sebanyak 39 desa, delapan kecamatan di kabupaten setempat terendam banjir sehingga menyebabkan 4.317 KK atau 17.268 jiwa terdampak banjir, dua unit rumah rusak berat, 253 hektare sawah tergenang , tiga titik tanggul rusak, dua unit jembatan rusak, satu unit gorong-gorong rusak dan ribuan ternak terdampak.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: