RTH Kota Binjai Diresmikan, Penataan Lingkungan Jadi Prioritas

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 0
08 Mar 2019   09:13

Komentar
RTH Kota Binjai Diresmikan, Penataan Lingkungan Jadi Prioritas

Peresmian RTH Binjai (Foto : Reza Perdana)

Trubus.id -- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebutkan, provinsi ini hanya punya sedikit ruang terbuka hijau (RTH). Karena itu program penataan lingkungan menjadi prioritas di masa jabatannya.

Usai meresmikan dan meninjau Taman RTH Dewi Sri di kawasan Jembatan Kembar, Jalan Sudirman Kota Binjai, Gubernur menyebutkan pentingnya membangun atau mengembalikan satu kawasan tertentu menjadi asri. 

"Pada dasarnya manusia membutuhkan udara bersih, yang juga diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan. Manusia ini punya paru-paru. Jadi RTH itu sudah diatur dalam Undang-undang, satu kota minimal 30 persen. Kalau kita lihat di Sumatera Utara ini kita masih sedikit," kata Edy Rahmayadi, Kamis (7/3).

Dengan begitu, lanjut Gubernur, nantinya kawasan yang memungkinkan untuk dibangun atau dikembalikan menjadi RTH, akan terus dilakukan. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan untuk rakyat. Meskipun dirinya tidak menafikan aktivitas ekonomi seperti kawasan perdagangan juga faktor penting.

"Nanti kita prioritaskan, kita atur tempatnya untuk perdagangan, tempat rekreasi rakyat dan hutan-hutan hijau dalam kota. Ini akan kita tata kembali, sehingga kita sehat, sejahtera dan bermartabat," lanjutnya.

Wali Kota Binjai, Idaham berterimakasih kepada Pemprov Sumut yang telah membangun RTH, dan menjadi bagian dari keindahan wajah kota. Sehingga pihaknya berharap terus dikembangkan dan dilanjutkan agar bisa menjadi kota yang nyaman untuk masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Taman RTH Dewi Sri dibangun di area seluas 1.417 m2, di Jalan Jendral Sudirman Binjai, sepanjang 250 m bantaran sungai. Fasilitas tersebut terdiri atas taman, jogging track, tempat duduk, toilet. Dibatasi pergola dan tanaman merambat untuk menjamin keamanan pengunjung.

Taman ini juga dilengkapi videotron untuk menampilkan berbagai informasi yang perlu diketahui masyarakat. Selain menawarkan keindahan dan pemandangan tepi sungai, taman dilengkapi seni mural yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Warga dapat bersantai, berolahraga dan berbincang serta berswafoto di sana. (RP)

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: