Banjir dan Tanah Longsor Landa Gunungkidul

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
07 Mar 2019   10:00

Komentar
Banjir dan Tanah Longsor Landa Gunungkidul

Ilustrasi tanah longsor (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hujan deras yang turun selama beberapa jam, di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Dilaporkan, banjir melanda sebagian besar Kecamatan Gedangsari dan Kecamatan Nglipar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul melaporkan, banjir melanda hampir di keseluruhan RT 06, RW 06, Dusun Krinjing, Desa Mertelu.

Bahkan hujan deras juga mengakibatkan longsor di dua lokasi. Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki menuturkan pada hari ini tanah longsor juga terjadi di beberapa titik seperti di Desa Mertelu dan juga Desa Tegalrejo.

"Akibat longsoran tanah mengenai rumah-rumah membuat warga menderita kerugian materi, sedangkan untuk korban jiwa belum ada," jelas Edy di Gunungkidul, Kamis (7/3).

Baca Lainnya : Lagi, 6.361 Rumah Warga di Bandung Terendam Banjir

Akses jalan penghubung tertutup longsoran dan satu unit jembatan hanyut terbawa air. Padahal, jembatan bersifat permanen dengan ukuran panjang sekitar empat meter dan lebar 3,5 meter.

Dilaporkan pula, satu sapi dan belasan ayam milik seorang petani, Sumpomo, turut hanyut terbawa arus banjir. Akibat kejadian ini, dua KK atas nama Tarno Wihardha dan Ngatiman sempat terisolir, tapi berhasil dievakuasi selanjutnya.

Baca Lainnya : Banjir Bandang Landa Madiun, Ketinggian Air Capai 5 Meter

Evakuasi dilakukan petugas-petugas terkait dibantu masyarakat. Mulai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Polsek Gedangsari, Pemdes Mertelu dan relawan-relawan kebencanaan.

"Jaringan listrik mati karena satu tiang listrik roboh dan melintang di jalan, kabel utama listrik sepanjang kurang lebih 100 meter jatuh di tanah, arus sudah dimatikan PLN," ungkap DPP Kapolsek Gedangsari, AKP Edy Purnomo. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: