Lagi, 6.361 Rumah Warga di Bandung Terendam Banjir

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
06 Mar 2019   17:02

Komentar
Lagi, 6.361 Rumah Warga di Bandung Terendam Banjir

Banjir (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa tahun belakangan ini, ketika curah hujan tinggI sejumlah lokasi di Kabupaten Bandung langganan banjir, terutama disekitar kawasan Sungai Citarum. Selasa (5/3) malam hujan deras mengakibatkan sejumlah lokasi terendam mulai dari fasilitas umum, gedung sekolah, dan tempat ibadah

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jalan Dayeuhkolot terjadi banjir yang cukup tinggi. Kendaraan roda dua dan empat yang melintas harus menurunkan kecepatan dan ekstra hati-hati saat melintasnya. Sementara itu, di depan pasar Dayeuhkolot, banjir merendam ruas jalan dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa.

Belasan pengendara roda dua terpaksa ada yang mendorong motornya dikarenakan mogok. Sementara itu, akses jalan Andir-Katapang tidak bisa dilintasi kecuali menggunakan perahu. Genangan banjir juga terjadi di jalan Siliwangi perbatasan Dayeuhkolot dan Baleendah. Sampai siang ini kondisi jalan tersebut belum bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

"Semalam hujan deras beberapa jam Sungai Citarum langsung meluap, tiga kecamatan mengalami banjir," terang Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Sudrajat, Rabu (6/3).

Berdasarkan data petugas BPBD di lapangan, tercatat, 6.361 rumah, 7 bangunan sekolah, 8 fasilitas umum dan 36 tempat ibadah terendam banjir. Sebanyak 10 ribu kepala keluarga (KK) di tiga kecamatan terdampak banjir.

"Sampai siang ini, jumlah warga yang mengungsi dari Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot, totalnya 108 KK, 364 jiwa, 61 lansia, 33 balita, ibu hamil dan menyusui serta penyandang disabilitas," lanjutnya.

Diakuinya, ketinggian air yang merendam bervatiasi muli dari 10 sentimeter sampai lebib dari 1,6 meter. Dikhawatirkan ketinggian banjir masih akan terjadi karena curah hujan masih tinggi.

Untuk itu, pihaknya meminta warga yang terdampak untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi banjir susulan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: